PENDIDIKAN

Ratusan Anak TK Se-Kecamatan Leles Ikut Latihan Manasik Haji Kecil

Ratusan anak TK tampak antusias saat berpose usai mengikuti kegiatan Manasik Haji Kecil, foto Kus
Ratusan anak TK tampak antusias saat berpose usai mengikuti kegiatan Manasik Haji Kecil, foto Kus

Gapura Garut ,- Taman Kanak-kanak  (TK) Tunas Bangsa melaksanakan pelatihan manasik haji kecil bagi seluruh anak didiknya  yang berlangsung di lapangan Alun alun Tritunggal, Kecamatan Leles,  Kabupaten Garut .Kamis (8/9/ 2016).

Latihan Manasik haji kecil sebagai pengenalan ritual ibadah haji bagi anak-anak usia dini tersebut,  dibuka langsung oleh  Camat Leles Asep Suhendar berserta unsur Muspika, Ketua MUI dan Pengawas TK,  UPTD Pendidikan Kecamatan Leles.

Prosesi manasik haji kecil yang diikuti anak-naka TK tersebut di awali  dengan melakukan praktek berhaji, didahului dengan menggelilinggi kabah sebanyak tiga kali, kemudian mengelilingi bukit marwah tiga kali. dengan lari lari kecil atau Sa’i .

Kemudian anak-anak dengan antusias diarahkan untuk mengambil kerikil dan melempar ke tiga  jumroh, (jumroh ula, ustha, aqobah) dengan masing masing jumroh tiga lemparan, kemudian praktek  (bercukur) serta mengambil dan minum air zam zam.

Menurut Kepala TK Tunas Bangsa  Reni Rismayanti mengatakan Latihan manasik haji tersebut merupakan  angkatan ke 6 atau penyelenggaraan yang ke enam kalinya dan secara rutin di laksanakan setiap tahunnya.

“Untuk angkatan ke 6 ini  di ikuti sebanyak 960 anak-anak yang  terdiri dari 18 TK dan 18 Kuber yang ada di kecamatan leles,”Kata Reni, Kamis (8/9/2016).

Maksud dan tujuan latihan manasik haji tersebut, lanjut Reni untuk memberikan pelajaran terhadap anak usia dini tentang tata cara melaksanakan ibadah haji yang benar saat berada ditanah suci Mekad dan Madinah beribadah haji nanti.

“Nantinya agar anak-anak dapat  mengenali dan menjalankankan rukun islam ke lima. Kegiatan inipun tidak hanya semata-mata memberikan ilmu keagamaan berdasarkan teori saja ,iapi dengan  prakteknya langsung,”Tandasnya.***Kus Kus Markuseu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *