ilustrasi, Foto Istimewa

ilustrasi, Foto Istimewa

Gapura Garut ,- Recana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat  yang akan memberikan tunjangan penghasilan setara Upah Minimum Kabupaten (UMK) untuk guru honorer SMA dan SMK, menuai protes dan kecaman dari para guru honorer TK hingga SMP di Kabupaten Garut .

Guru honorer di salah satu SD wilayah Kecamatan Malangbong, Sayid, menilai kebijakan yang akan diterapkan Pemprov Jabar itu sebagai sikap pilih-pilih. Menurutnya, seluruh guru honorer yang selama ini telah bekerja seharusnya memiliki hak yang sama.

“Yang mengabdi kepada negara itu bukan hanya PNS dan guru honorer SMA/SMK, tapi semua guru honorer dari mulai TK hingga SMP sama. Kami yang bukan guru honorer SMA/SMK jangan dianaktirikan,” kata Sayid, Senin (10/10/2016).

Sayid menyebutkan kebijakan tersebut sebagai suatu sikap pemerintah yang tidak adil. Ia juga mempertanyakan janji Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat masa pencalonannya beberapa waktu lalu, yang berniat akan memberikan insentif bagi seluruh guru honorer.

“Kami hanya satu kali saja menerima insentif itu. Kemudian saat menjadi gubernur lagi, ia hanya akan memberikan tunjangan buat guru SMA/SMK,” Ungkapnya.

Sayid menambakan pengabdian  para guru honorer yang telah bekerja melebihi kinerja guru PNS, pada akhirnya selalu tidak diperhitungkan pemerintah.

“Kami ini para guru honorer diluar guru honorer SMA/SMK dianggap apa?” sesalnya.

Sementara itu, Ketua DPP Forum Aliansi Guru dan Karyawan (Fagar) Kabupaten Garut Cecep Kurniadi menyatakan, pihaknya telah melayangkan surat permohonan untuk dapat menemui Gubernur Jabar. Ia berjanji akan menyampaikan aspirasi dari ribuan guru honorer se-Kabupaten Garut.

“Bila aspirasi kami tidak dipenuhi gubernur, maka belasan ribu guru honorer se-Kabupaten Garut akan datang ke Gedung Sate. Bahkan tidak hanya itu, kami dapat informasi bahwa seluruh guru honorer di kabupaten/kota Jabar yang lain juga siap mengerahkan massanya,” Tegas Cecep.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com