IMG-20161110-WA0040-300x169 PENDIDIKAN  K3SK Purwakarta Gelar Lomba Keterampilan Siswa Ajang Seleksi Ke Tingkat Provinsi

Salah satu kegiatan K3SK Purwakarta, foto Deni

Gapura Purwakarta ,- Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kejuruan (K3SK) Kabupaten Purwakarta, menggelar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) di beberapa sekolah di Kabupaten Purwakarta, Kamis (10/11/2016). Kegiatan LKS tersebut sebagai salah satu ajang untuk meningkatkan kualitas serta menggali potensi siswa di bidang kejuruannya.

Masing masing SMK se Kabupaten Purwakarta baik Negeri maupun Swasta, wajib mengirimkan siswanya sebagai peserta dengan kegiatan digelar dibeberapa sekolah secara serentak.

Untuk LKS Bidang Teknik Jaringan Komputer (TKJ) dilaksanakan di  SMKN 1 Purwakarta, LKS bidang Bisnis Menejemen (BM) di SMKN 2 Purwakarta, LKS bidang Welding di SMK Bina Taruna Purwakarta dan untuk LKS bidang Otomotif di SMKN 1 Plered Kabupaten Purwakarta.

Menurut Rd. Uus Kusumanegara Wakil Ketua K3SK Purwakarta menyebutkan kegiatan LKS adalah kompetisi tahunan antar siswa SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan di SMK.

“LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMK, dimana  para pemenang LKS antar SMK se Kabupaten akan mewakili Kabupaten di tingkat Provinsi,”Ungkapnya kepada wartawan.

Uus menegaskan LKS diadakan setiap tahun, karena merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik untuk  dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat Kabupaten.

“LKS antar sekolah ini, menjadi salah satu ajang yang sangat diminati dan bahkan menjadi impian siswa SMK, Karena LKS jalur utama bagi para siswa SMK untuk dapat berlaga di ajang kompetisi keterampilan.” Ujarnya.

LKS juga lanjut Uus menjadi salah satu parameter majunya kualitas lulusan SMK. Oleh sebab itu LKS akan menjadi salah satu cara untuk mengukur sampai sejauh mana potensi dan kualitas siswa SMK.

“Terutama untuk bidang bidang lomba yang telah diikut sertakan pada LKS ke tingkat selanjutnya,”Ucapnya.

Uus berharap dari 35 SMK Negeri maupun Swasta di Kabupaten Purwakarta nantinya dapat mengirimkan siswanya di ajang Lomba Keterampilan Siswa ini ketingkat yang lebih tinggi.

“Semoga dengan adanya partisifasi dari setiap SMK, ada salah satu siswa yang lebih mempersiapkan diri untuk mewakili Kabupaten Purwakarta ke Jawa Barat.”Tukasnya.***Deni

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang