IMG_20170308_213625-300x225 PENDIDIKAN  Perpisahan KKN Mahasiswa UIN Bandung Dengan Warga Desa Raharja Berlangsung Haru

Suasana haru saat kegiatan perpisahan mahasiswa KKN UIN Bandung di Desa Raharja, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Sebanyak 41 orang Mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Indonesia (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, mengakhiri kegiatannya dengan menggelar acara perpisahan bersama warga Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (8/3/2017) malam.

Para mahasiswa tersebut telah melakukan KKN selama satu bulan mulai dari tanggal 9 Februari- 9 Maret 2017 ini. Kegiatan penutupan berlangsung di GOR Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja dengan disaksikan ratusan warga setempat.

Acara perpisahan ini berlangsung khidmat dan haru. Tidak sedikit dari mereka baik mahasiswa maupun masyarakat yang terharu hingga meneteskan air mata, terutama pada segmen renungan suci dan pembacaan puisi yang dibacakan oleh Irfan Fauzi salah satu perwakilan dari mahasiswa. Ditambah saat lampu penerangan GOR dipadamkan, dan hanya menyisakan penerangan dari lilin-lilin kecil, sehingga menambah suasana haru di tempat tersebut.

Koordinator Mahasiswa KKN Desa Raharja, Abdul Kohar mengatakan, bahwa KKN 2017 ini dinamakan Sisdamas yakni Mahasiswa Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Ia pun menuturkan bahwa masyarakat di Desa Raharja ini sangat luar biasa sambutannya terhadap Mahasiswa yang sedang melakukan KKN.

“Alhamdulillah, selama satu bulan kami melakukan KKN di sini sambutan masyarakatnya sangat luar biasa, hal ini karena mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat dan masyarakat bagian dari mahasiswa. Sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat di Desa Raharja bisa lebih meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Desa mereka. “Selain bidang pendidikan, kami pun berharap di Desa Raharja ini lebih meningkatkan pendidikan seni dan sosial maupun pendidikan-pendidikan yang lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Raharja, Hasyim, mengaku sangat terharu dalam acara perpisahan ini. Menurutnya selama mereka melakukan KKN di wilayahnya, para mahasiswa ini selalu menanam kebaikan. Selain itu, para mahasiswa ini pun membimbing dan memberikan motivasi dalam peningkatan sumber daya manusia.

“Disamping mereka (mahasiswa) menimba pengalaman, mereka pun selama melakukan KKN selalu menitipkan kebaikan-kebaikan. Selain itu mereka pun selalu memberikan motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan sumber daya manusia,” katanya.

Ia berpesan bahwa dengan bekal pengalaman mereka selama satu bulan ini, mereka bisa mengembangkan ilmu yang didapat selama KKN di Desa Raharja.

Acara perpisahan ini dihadiri oleh Kepala Desa Raharja beserta staf, unsur kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Kemudian acara diisi dengan hiburan-hiburan seni sunda dan dangdut. Tak pelak baik warga maupun mahasiswa berbaur menjadi satu untuk berjoged dan larut dalam irama melayu.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang