IMG-20170330-WA0007-300x223 PENDIDIKAN  Jelang UNBK Sekolah di Purwakarta Kebut Gembleng Siswanya

Guru sedang mengwasi para siswa belajar UNBK, di Purwakarta, foto Alex

Gapura Purwakarta ,- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/SMK menyisakan waktu 10 hari lagi, namun sekolah didaerah kini kebut menggembleng anak didik peserta UNBK.

Seperti dilakukan SMAN I Purwakarta. Sebanyak 419 peserta UN kini tengah mengikuti tiga kegiatan menjelang UNBK yakni pemantapan mata pelajaran yang akan di-UN-kan. Kedua, mengikuti try out dan terakhir pembahasan soal UN menggandeng dosen Perguruan Tinggi ternama di Bandung.

“Dalam 10 hari terakhir ini, anak anak padat sekali waktunya mengikuti tiga kegiatan tersebut,” ujar Kepala Sekolah SMAN I Purwakarta Asep Mulyana kepada Gapura Indonesia, Kamis (30/3).

Asep mengungkapkan, ada yang membedakan pelaksanaan UNBK tahun ini dengan UNBK tahun lalu yakni peserta UN dipersilahkan memilih sendiri untuk mata pelajaran jurusan. “Dulu mah ditentukan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Asep, mata pelajaran yang di UN kan menjadi empat buah dari enam mata pelajaran yang tahun lalu di UN kan. Keempat mata pelajaran di UN kan itu adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika. Serta satu pilihan jurusan seperti IPA atau IPS.

Ditanya kesiapan komputerisasi dimiliki SMAN I, Asep menyebutkan, keberadaan komputer telah siap digunakan peserta UN. Termasuk jaringan internet dan listrik sudah aman. “Kita memiliki 140 unit laptop. Kondisinya bagus,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan UNBK disekolahnya akan dibagi tiga shift yang akan dimulai pukul 07.30 wib. “Rata rata waktu 90-120 menit untuk satu mata pelajaran UN,” jelasnya seraya menyebutkan UN akan berlangsung selama empat hari, 10-13 April 2017.

Lebih lanjut Asep menegaskan UN bukan lagi penentu kelulusan. Namun lebih kepada pendukung nilai dari akumulasi serangkaian ujian seperti UAS, USBN dan UNBK. “Jadi, tidak akan ada lagi kekalutan pada siswa,” ujarnya.

Dengan begitu, Asep menargetkan 100 persen siswa didik peserta UN disekolahnya lulus. Dan, harapannya anak didik lolos ke jenjang SMPTN dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) rata rata 70 sampai 75.***Alex

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang