IMG-20170418-WA0031-300x225 PENDIDIKAN  Tumbuhkan Minat Baca dan Cerita Pada Anak, DKPD Kota Banjar Gelar Lomba Story Telling

Salah satu siswa peserta saat pentas dalam lomba story telling, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Sebanyak 13 peserta dari siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kota Banjar, mengikuti gelar lomba Story Telling atau bercerita, Selasa (18/4/2017).

Lomba yang digelar di halaman Kantor Dinas Kearsipan Perpustakaan Daerah (DKPD) Kota Banjar ini mengusung tema “Dengan bercerita menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal pada anak.

Kegiatan lomba tersebut dibuka secara resmi langsung oleh Wakil Walikota Banjar, Darmadji Prawirasetia dengan dihadiri sejumlah pejabat terkait lainnya.

Kepala Bidang Perpustakaan yang juga sekaligus ketua panitia penyelenggara Wawan Hernawan mengatakan, kegiatan lomba ini adalah merupakan agenda tahunan. Hal ini untuk merangsang minat baca anak sekaligus untuk menumbuhkan rasa cinta pada anak terhadap seni dan budaya lokal.

” Lomba ini merupakan agenda tahunan, selain itu juga untuk merangsang minat baca anak sekaligus untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya, salah satunya ya dengan lomba Story Telling ini,” ujarnya.

Ia menambahkan,  dalam kegiatan lomba ini pun menampilkan seni sunda kecapi suling dan ibing pencak silat dari perguruan Wangsit Buana. Hal ini bertujuan supaya anak-anak tahu terhadap seni tradisional.

“Kami sengaja menyelipkan seni tradisional kecapi suling dan ibing pencak di sela-sela acara. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan seni tradisional kepada anak sejak dini,” imbuhnya.

Masih kata Wawan, untuk juara dalam lomba story telling ini, nantinya akan mewakili Kota Banjar untuk berlomba ditingkat Provinsi Jawa Barat.

“Dalam lomba Story Telling ini, yang mendapatkan juara satu nantinya akan mewakili Kota Banjar untuk berlomba di tingkat Provinsi Jabar,” pungkasnya.

Sebagai jawara dalam lomba story telling kali ini yakni jatuh kepada Dela Riska Livia dari SDN 3 Bojongkantong-Langensari dengan poin 613, untuk juara dua berhasil diraih M Ziadatul K dari SD inspiratif Al Ilham Banjar Kolot dengan memperoleh poin 590, dan juara tiga diraih oleh Hesti dari SD 1 Purwaharja dengan jumlah nilai 560.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang