Gapura Purwakarta ,- Dua Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat serentak melaksanakan Imunisasi Nasional Campak serta Rubela ditingkat Sekolah Dasar serta tingkat Sekolah Menengah Pertama, Selasa (1/8/2017).

Ada sekitar 261.796 anak di purwakarta dengan cakupan usia 9 bulan hingga 15 tahun harus mendapatkan Imunisasi Campak serta Rubela.

Dari jumlah itu terbagi menjadi 3 sasaran usia, duantaranya sasaran usia 9 bulan sampai 7 tahun sebanyak 99.376 anak. Usia 7 tahun hingga 13 tahun sebanyak 103.933 anak serta usia 13 hingga 15 tahun sebanyak 58.487 anak.

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Ane Hediana Koesoemah mengatakan, Imunisasi Nasional Campak dan Rubela ini dilaksanakan mulai awal.Agustus hari ini hingga akhir September 2017 mendatang.

Menurutnya Purwakarta memiliki 20 Puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan, namun tidak serentak dilakukan diseluruh kecamatan.

“Imunisasi pertama yaitu hari ini, para petugas langsung mendatangi sekolah namun tidak dapat menjangkau seluruhnya karena terbatas waktun, sementara jumlah sekolah dari tingkat SD hingga SMP cukup banyak, tetapi seluruh cakupan Usia Imunisasi ini harus diselesaikan,”ungkapnya

Ane menyatakan kasus Campak dan Rubela di Purwakarta, sejauh ini masih dapat ditangani, karena belum mendapat  laporan adanya kematian yang diakibatkan oleh Campak serta Rubela.

” Meskipun penyakit Campak dan Rubela itu ada, namun keadaanya tidak menghawatirkan, karena warga Purwakarta sudah mengerti kesehatan,”Tuturnya.

Ia menambahkan pada Imunisasi Nasional ini seluruh cakupan usia 9 bulan hingga 15 tahun diwajibkan mendapat Imunisasi campak serta Rubela, karena Campak serta Rubela dapat menimbulkan cacat serta meninggal dunia.

 “Apabila hingga september mendatang ada anak yang tidak di Imunisasi akibat sakit maupun alasan lain, masyarakat tidak perlu khawatir karena Puskesmas setempat telah mendata seluruh anak, baik yang sudah di Imunisasi maupun yang belum di Imunisasi,”Tukasnya.***Lex

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang