001100-270x300 PENDIDIKAN PROFIL  Pemuda Garut Ini Raih Beasiswa Study di Kolombia

Randi Herdiansyah, pemuda asal Wanaraja, Garut, lulusan SMAN 6 Garut yang kini tengah menempuh studi di jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, foto dok/istimewa

Gapura Seleberita ,- Kabar membanggakan datang dari pemuda asal Kota Dodol yang berhasil menginjakkan kakinya di salah satu negara di Kawasan Amerika Latin, Kolombia. Adalah Randi Herdiansyah, pemuda asal Wanaraja, Garut, lulusan SMAN 6 Garut yang kini tengah menempuh studi di jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran ini mendapatkan beasiswa penuh dari Pemerintah Kolombia untuk menempuh studi disana selama empat bulan.

Ketertarikannya terhadap kawasan Amerika Latin, ditunjang dengan prestasi akademik, pengalaman mengikuti berbagai konferensi nasional dan internasional, banyaknya kegiatan sosial yang telah dilakukan, kecakapan bahasa inggris yang mumpuni, serta kemampuan dasar berbahasa spanyolnya, telah membawanya melewati proses seleksi yang sangat ketat dan pada akhirnya terpilih untuk menjadi salah satu dari 72 penerima beasiswa se-Asia Pasifik.

Dilansir dari situs cancilleria.gov.co (27/07/2017), Menteri Luar Negeri Kolombia, María Ángela Holguín, menyambut seluruh penerima beasiswa di Kantor Kediamannya di Bogota. Tak hanya itu, sebagaimana dilansir situs kepresidenan Kolombia presidencia.gov.co (27/07/2017), seluruh penerima beasiswa ini pun disambut hangat oleh Presiden Kolombia, Presiden Juan Manuel Santos, dan diberi kesempatan untuk menjelajah megahnya Istana Presiden Kolombia, Casa de Nariño, di Bogota. “En Colombia hablamos el mejor español del mundo (Di Kolombia, kita bicara bahasa spanyol terbaik di dunia).”ujarnya.

Randi berkesempatan untuk mendalami bahasa spanyol di salah satu institusi pendidikan terbaik di Kolombia, Universidad de Caldas, serta menjalankan dan mengembangkan aktivitas kesukarelawan disana, seperti menjadi English Teaching Assistant dan menjadi bagian dari tim research internationalization. Di akhir program tersebut, Randi pun mengikuti ujian sertifikasi dan evaluasi internasional untuk bahasa spanyol (SIELE), dan meraih hasil yang sangat memuaskan.

Melalui akun instagramnya (@randydiansyah), Randi mengaku sangat bersyukur dan terhormat bisa mendapatkan beasiswa ini, mewakili Indonesia, dan menerima sambutan hangat disana. “I am so thankful and feeling extremely honored to represent Indonesia and to be among those selected scholarship awardees across the Asia-Pacific (Saya sangat bersyukur dan merasa sangat terhormat untuk dapat mewakili Indonesia dan berada diantara para penerima beasiswa se-Asia Pasifik)”, ujarnya.

Terlahir dari keluarga yang sederhana, tak membuatnya kecil hati. Dengan tekad dan usaha yang besar serta dukungan kedua orang tuanya, ia mampu mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan sarjananya dan kini mampu unjuk gigi di kancah internasional. Sebelumnya, Randi telah banyak menorehkan prestasi dan mewakili Indonesia di berbagai program nasional dan internasional. Pada bulan Oktober 2017 lalu, Randi mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Garut atas prestasinya yang gemilang. Sangat menginspirasi, bukan?***Citra Julieta

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang