Banjir-Bandang PERISTIWA  Banjir Bandang, Terjang Rumah warga di Sindangsari Cigedug Garut

Gapura, Banjir bandang tiba-tiba menerjang pemukiman warga di Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedugg, Kabupaten Garut Jawa Barat  jumat (28/3/2014) petang.   Sedikitnya tiga buah rumah mengalami rusak parah serta puluhan lainnya terkena lumpur bercampur pasir akibat terjangan banjir bandang yang tiba-tiba datang dari arah Gunung Cikuray yang berada tepat diatas perkampungan warga.

Menurut Mamat salah seorang warga setempat,  terjangan banjir bandang datang sangat mengejutkan karena sebelumnya tidak pernah terjadi meskipun curah hujan tinggi dikawasan tesebut.”saya kaget tiba-tiba ada air masuk kedalam rumah, ternyata banjir bandang, para  tetangga juga panik pada menyelamatkan diri”. Ungkapnya

Mamat menambahkan, air menerjang permukiman mereka, kurang lebih satu jam dengan luapan air sagat besar. Akibatnya sejumlah warga mengaku kehilangan harta benda berupa perabotan rumah tangga dan alat-alat pertanian yang tidak sempat terselamatkan.

Sementara itu, peyebab  banjir bandang tersebut menurut Oyo Sutisna, kelapa desa Sindang sari, lebih disebabkan karena kondisi hutan yang berada dikaki gunung Cikuray sudah gundul karena dijadikan lahan perkebunan dan pertanian oleh warga sekitar. “Memang harus diakui, karena kondisi hutan dikaki gunung Cikuray sudah gundul karena dijadikan perkebunan dan pertanian warga”. Paparnya.

Menurut Oyo, untuk mengatasi ancaman banjir bandang berikutnya harus segera diambil langkah-langkah untuk kembali menghijaukan areal hutan yang kini dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.***

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang