IMG_6893-300x219 PERISTIWA  Longsor Ancam Lima Rumah Warga di Selaawi

Rumah milik Ahmad Syarif salah seorang warga selaawi yang terancam longsor

Gapura,  Sekitar lima rumah warga yang terletak di Kampung Lame RT 02/02, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, terancam longsor tebing yang berada didekat pemukiman warga. Kelima rumah yang terancam ini dihuni oleh puluhan jiwa.

Posisi kelima rumah tersebut berada sangat dengat dengan tanah yang telah berangsur-angsur amblas dan longsor, bahkan satu rumah bagian samping belakang telah tersegrus hingga kebagian lantainya, sehingga posisi rumah sudah menggantung dan hanya menggunakan kekuatan tiang penyangga seadanya.
Salah seorang warga Kampung Cilame Ahmad Syarif (35) mengatakan, tanah yang tepat berada persis di samping rumahnya mengalami amblas dan longsor secara bertahap.“Kejadiannya tidak sekaligus, melainkan bertahap. Jika hujan deras mengguyur, tanah langsung ambles. Kejadian terakhir yang paling parah ini terjadi di akhir pekan lalu. Sekarang kalau tanahnya ambles lagi, rumah saya bisa terbawa longsor,” kata Ahmad, Selasa (29/4/2014).

Menurut Ahmad, beberapa waktu yang lalu ia sempat membuat pagar bambu penghalang dan pembatas untuk mengantisipasi longsor susulan terjadi. Namun upayanya ini tidak berhasil.“Longsor malah merusak dan membawa pagar pembatas itu ke bawah. Terus-menerus tanah mengalami longsor,” ujarnya.

Ahmad mengaku, hingga kini ia sekeluarga dan masih tinggal di rumah bambu miliknya. Meski dalam kondisi terancam terbawa longsor, ia mengatakan akan tetap bertahan tinggal di rumahnya.“Karena saya tidak memiliki tanah atau rumah lain. Jadi tidak mungkin saya meninggalkan rumah ini. Istilahnya kalau saya sekeluarga pergi dari rumah ini, kami nanti mau tinggal di mana,” tandasnya.***Kus roll

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang