ea1ca65e30d056db8a7901a109032f78_kue-mangkok-300x199 PERISTIWA USAHA & PRODUK  Hati-Hati Ada Produsen Kue dan Roti Nakal di Garut

Gapura,– Hasil sidak yang dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten Garut, menemukan satu produsen makanan kue bolu dan roti kering yang kedapatan menggunakan telur tidak layak sebagai bahan baku produksinya.

Dari sidak yang dilakukan oleh sejumlah intansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, salah satu produsen makanan di wilayah pusat kota Garut  ini memakai telur busuk sebagai bahan utama dari produknya.

Menurut Yaumi Rusyanti, Kasubdit Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Garut,  Saat melakukan sidak ke produsen kue bolu dan roti kering di salah satu kawasan perkotaan pada Rabu 28 Mei 2014  kemarin menemukan bahan baku yang digunakan tidak layak. “Bahan baku ini berupa  telur yang sudah pecah dan berkondisi tidak bagus untuk dikonsumsi. bahkan Secara kasat mata, kami menemukan belatung yang diduga berasal dari telur di dalam adonan kue yang masih mentah,”. paparnya.

Selain bahan baku yang tidak layak, tempat produksi dan tingkat kebersihan para pekerja dari produsen ini juga bermasalah. Padahal, seluruh produknya telah diproduksi dan diedarkan secara luas ke masyarakat melalui toko modern atau warung-warung eceran.

Tempat yang  menjadi sasaran sidak tersebut juga, selain memproduksi dan memasarkan berbagai jenis kue, tempat ini pun mendistribusikan beras ketan sebagai bahan baku adonan Dodol Garut ke sejumlah produsen lainnya.

“Sama halnya dengan kualitas bahan baku kue, beras ketan yang akan dikirim ke beberapa produsen dodol pun sudah tidak layak”.jelanya.

Yaumi menambahkan Pihak Dinas dan Intansi terkait dalam sidak tersebut juga akhirnya memberikan peringatan, setelah produsen kedapatan nakal menggunakan bahan baku yang tidak layak. “kami akan terus memantau dan produsen wajib mengubah tingkat kebersihan dimulai dari bahan baku dengan menggunakan telur segar, hingga sanitasi lingkungan tempat produksi makanan”.tegasnya

Adapun intansi-intansi  yang terlibat dalam sidak tersebut adalah BKP Garut, Dinkes Garut, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Garut, Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakanla) Garut, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Garut. Seluruh intansi ini, dikoordinatori oleh BKP Garut.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang