PERISTIWA

Sidak Satlantas Polres Garut, Temukan Bus Tak Layak Jalan

Salah seorang Petugas Satlantas Polres Garut memeriksa Kelayakan sebuah Bus di terminal Guntur Garut (poto jmb).
Salah seorang Petugas Satlantas Polres Garut memeriksa Kelayakan sebuah Bus di terminal Guntur Garut (poto jmb).

Gapura Garut,– Antisipasi terhadap seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas, seperti yang terjadi di Subang Jawa Barat, dimana sebuah Bus masuk jurang hingga menelan cukup banyak korban jiwa. Kecelakaan biasanya dipicu oleh angkutan umum, khususnya Bus dan mobil penumpang umum lainnya yang kurang memperhatikan kelayakan kendaraan serta kecakapan awak angkutannya. Terkait hal tersebut, jajaran Satuan Lalu lintas Polres Garut beserta Dinas Perhubungan setempat melakukan pemeriksaan terhadap armada angkutan umum yang ada di terminal antar Kota Guntur Garut Rabu (18/6/2014).

Selain memeriksa kelayakan kendaraan para petugas juga memberikan himbauan agar tertib berlalu lintas dalam berkendaraan kepada para sopir Bus serta pemberitahuan tentang keselamatan kepada setiap penumpang yang ada di terminal tersebut.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP. Asep Muslihat, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan Bus serta angkutan umum lainnya untuk melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan, baik angkutan umum maupun wisata. “Kami mendapatkan perintah dari atasan terutama dalam mensikapi kasus kecelakaan di Subang, selain itu, memang telah menjadi prosedur tetap kami langsung melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait terutama perusahaan angkutan. Kami juga melakukan pemeriksaan kendaraan yang ada diterminal Bus melalui inveksi mendadak”. Ungkapnya.

Meski di Garut tidak pernah terjadi kecelakaan lalu lintas seperti yang terjadi di Subang dengan banyak memakan korban jiwa, namun secara kontur jalan, Garut memili kesamaan sejumlah tanjakan seperti di tanjakan emen Subang. Misalnya lanjut Asep, Tanjakan yang ada di Pasirwangi yang menuju kekawasan objek wisata cipanas Darajat, serta dikawasan jalur Tutugan leles Kadungora dan jalur limbangan Malangbong.

Sementara itu dalam sidak jajaran Satlantas dan Dishub Garut diterminal Guntur, petugas menemukan armada Bus yang akan berangkat meninggalkan terminal, namun tidak memenuhi kelayakan standar kendaraan seperti rem tangan yang sudah tidak berfungsi. Petugas langsung menghentikan Bus tersebut dan memintanya kembali ke Full dan memperbaiki terlebih dahulu dan meminta para penumpang berpindah Bus kepada Bus pengganti yang layak jalan.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *