Gapura Garut ,-  Warga Kabupaten Garut kembali dikejutkan dengan goncangan gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter (SR), yang terjadi sebanyak tiga kali. Gempa pertama kali terjadi pada pukul 13.38 WIB sontak saja membuat warga dibeberapa lokasi yang merasakan getaran gempa tersebut berhamburan keluar rumah.

Menurut Ogi salah seorang warga dijalan patriot Kelurahan Tarogong Kidul Garut, dirinya mengaku merasakan getaran gempa tersebut cukup keras hingga terpaksa lari keluar rumah karena khawatir terjadi sesuatu.

“Gempanya yang cukup terasa besar  yang terakhir aja hampir dua kali. Pada getaran yang pertama tidak begitu terasa. Namun pada gempa yang kedua dan ketiga berturut turut, lumayan kencang hingga membuat saya dan tetangga berhamburan keluar rumah,” kata Ogi di jalan Patriot Garut, Minggu (22/6/2014).

Menurut Ogi,  jeda waktu masing-masing gempa terasanya cukup cepat  hanya dalam hitungan detik saja. mungkin lamanya durasi gempa sekitar 15 detik. Yang membuat panik warga lanjut Ogi,  selain gempanya terjadi sebanyak tiga kali secara berurutan, kaca rumah serta perabotan didalam rumah juga ikut bergetar karena cukup  kerasnya guncangan.

Meski demikian, tidak ada dampak yang diakibatkan oleh gempa tersebut di lingkungan permukiman. Guncangan gempa pun setelah dilakukan kros cek dibeberapa lokasi ternyata ada yang tidak  merasakan.

Berdasarkan informasi dari data yang dihimpun dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terletak di 8.16 LS – 107.89 BT, atau sejauh 75 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedelaman sekira 12 km.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang