lambang-Muhammadiyah INFO RAMADHAN PERISTIWA  Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1435 H, Hari Sabtu
Gapura ,- Pimpinan Pusat Ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramdhan 1435 H  jatuh pada hari Sabtu (28/6/2014) Besok. Keputusan PP Muhammadiyah tersebut berdasarkan pada metode hisab yang dilakukan pihaknya.
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah DKI Jakarta, Agus Suradika sebagaimana dilansir Jakarta.go.id mengatakan, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 27 Juni 2014 petang. Pada tanggal itu, hilal atau bulan diprediksi sudah terlihat meski baru setengah derajat. Sesuai kalender Islam, awal hari baru dimulai saat maghrib. “Dengan semikian Muhammadiyah akan melakukan salat tarawih pertama pada Jumat malam, 27 Juni 2014. Sementara puasa hari pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2014,” Ungkapnya.
Agus menambahkan, Muhammadiyah seperti biasanya menggunakan metode hisab dalam penentuan awal puasa Ramdan.”Kami mengacu pada  saat zaman Rasulullah SAW belum ada teropong,  Sehingga tak ada pilihan, bulan harus dilihat dengan mata telanjang, Sehingga berdasarkan metode Muhammadiyah, setengah derajat pun sudah masuk bulan baru. Ibaratnya kalau kepala masuk garis finish saja kan hitungannya sudah finish,” Tegasnya.
Agus juga memperkirakan, penetapan awal Ramadhan oleh Muhammadiyah dengan pemerintah kemungkinan akan kembali berbeda. Tergantung dari penetapan Kementerian Agama yang biasa melakukan pengamatan hilal. “Tergantung tanggal 28, bisa sama. Tapi kalau bulan belum terlihat, maka bisa jadi pemerintah menetapkan 1 Ramadan tanggal 29 Juni,” ungkapnya.
Bagi Muhammadiyah, penentuan awal Ramadhan didasarkan pada Maklumat PP Muhammadiyah nomor 02/MLM/I.0/E/2014, tanggal 09 Rajab 1435 H/8 Mei 2014.
Maka apabila terdapat perbedaan awal puasa dari pihak lain agar tidak mengganggu kesatuan umat Islam dan mengedepankan toleransi, ukhuwah serta saling menghargai atas perbedaan dalam menjalankan ibadah.***GPR

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang