GRT_PENYORTIRAN-SURAT-SUARA-OLEH-PETUGAS-PPK.1-009_0001-300x225 PERISTIWA SOSIAL POLITIK  Ribuan Petugas PPL Awasi Pilpres di Garut

Gapura Garut ,- Ratusan Petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kabupaten Garut akan dikerahkan pada hari pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014. Menurut Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Garut Asep Nurjaman mengatakan, sedikitnya sekitar 1.284 petugas PPL tersebut akan disebar ke 42 kecamatan seluruh Garut.

“Tugasnya seperti Pengawas kecamatan, PPL ini disebar juga untuk mengawasi jalannya pemilu di lapangan. Mereka akan bekerjasama dengan Panwascam setempat,” kata Asep saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (8/7/2014).

Tugas linnya selain mengawasi, petugas PPL ini adalah memberikan himbauan kepada masyarakat terkait berbagai bentuk atau modus kecurangan selama pemungutan suara. Keberadaan mereka juga bisa menjadi perantara, bila masyarakat menemukan indikasi kecurangan, bisa langsung melaporkanya kepada petugas PPL tersebut.

“Mereka sudah kami bekali dengan berbagai pengetahuan seputar penyelenggaraan pemilu, mereka juga sudah berikan pesan untuk dapat menjalankan tugas dalam mengawasi pelaksanaan pemilu. Setiap petugas PPL pun kami tugasi untuk dapat mengimbau dan memberi informasi kepada masyarakat mengenai apa saja yang harus diantisipasi selama jalannya pemungutan suara berlangsung,” Ungkapnya.

Selain menyebar petugas PPL, Panwaslu Garut juga menyiagakan 126 petugas Panwascam di 42 kecamatan. Dimasing-masing kecamatan itu akan ditempatkan tiga petugas Panwascam.

Dihubungi terpisah Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut Ade Sudrajat memastikan persiapan Pilpres di Garut telah siap sepenuhny. “Saya mengimbau kepada masyarakat agar dapat menyuarakan hak politiknya dengan mendatangi TPS sekitar tempat tinggal mereka pada rabu 9 juli besok”. Ungkapnya.

Menurutnya, Persiapan dan distribusi logistik sudah sampai ke setiap wilayah, termasuk daerah pelosok. Yang agak sulit untuk dijangkau semua sudah siap. “sudah 100 persen kesiapan kita, Cuma kalau masih ada surat suara rusak bisa segera ditukar karena cadangannya juga sudah disiapkan.” Pungkasnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang