JELANG-LEBARAN-300x163 PERISTIWA  Arus Mudik, Kepadatan Kendaraan di Prediksi H-3 Hingga H+3

Gapura Garut ,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut memperkirakan  puncak kepadatan arus kendaraan pada musim mudik lebaran tahun ini, di sejumlah jalur mudik wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan terjadi pada H-3 hingga H+3 lebaran.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Garut Wahyudijaya, pihaknya memastikan teah siap membantu aparat kepolisian untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dijalur mudik tersebut.

“Kami siap membantu kepolisian untuk mengurai kepadatan dengan mengalihkan arus ke sejumlah ruas jalan alternatif dan cara one way. Seperti pada pengalaman tahun sebelumnya, kepadatan arus lalu lintas terjadi antara H-3 hingga H+3 lebaran. Jadi kepadatannya diperkirakan pada waktu-waktu tersebut,” Kata Wahyu kepada sejumlah wartawan Jumat(18/7/2014).

Wahyu menambahkan biasanya kepadatan arus lalu lintas di Garut, bukan hanya disebabkan oleh banyaknya volume kendaraan pemudik, melainkan juga oleh tingginya minat warga masyarakat yang akan mengunjungi sejumlah objek wisata di wilayah Garut.

“Garut memiliki beberapa objek wisata yang sering dipadati pengunjung wisatawan domestik saat hari raya lebaran antara lain Objek Wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Cipanas di Kecamatan Tarogong, Cangkuang di Kecamatan Leles, Kebun Binatang Cikembulan di Kecamatan Kadungora, hingga Pantai Rancabuaya dan Santolo”. Ungkapnya.

Terkait prediksi jumlah kendaraan yang akan memasuki atau melintasi Kabupaten Garut pada lebaran 2014 kali ini, Wahyu mengaku belum bisa menyebutkan. Berdasarkan data yang ada di Dishub Garut, pada lebaran 2013 lalu jumlah kendaraan yang melintas mencapai lebih dari 1 juta unit kendaraan, yaitu gabungan dari kendaraan roda dua dan empat.

“Tahun lalu, Pos Dishub Garut diwilayah Kadungora mencatat total kendaraan baik dari arah Bandung menuju Garut dan sebaliknya sebanyak 948.121 unit kendaraan. Jumlah ini terdiri dari 603.227 unit kendaraan roda dua dan 344.894 unit roda empat”.Imbuhnya.

Sementara itu Pos pantau Dishub Garut di wilayah Limbangan, mencatat total kendaraan yang juga dari arah Bandung menuju Garut dan sebaliknya sebanyak 1.273.628 unit kendaraan. Kendaraan sebanyak itu terdiri dari 704.788 kendaraan roda dua dan 568.840 kendaraan roda empat.

Diwilayah Malangbong Pos Dishub Garut, musim mudik lebaran 2013 lalu mencatat 953.313 unit kendaraan. Jumlah ini terdiri dari 506.568 unit roda dua dan 446.745 unit roda empat.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang