gambar-ilustrasi INFO RAMADHAN PERISTIWA USAHA & PRODUK  Pasar Murah Disambut Antusias Ribuan Warga Garut
Gapura Garut ,- Operasi Pasar Murah (OPM) yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut, Jawa barat disambut antusias  ribuan warga di delapan kecamatan di Kabupaten Garut.

 Bagi Masyarakat miskin yang telah terdaftar sebagai penerima, mendapat tiga komoditi bahan pokok untuk kebutuhan berlebaran dari operasi pasar tersebut. Ketiga komoditi dimaksud  adalah beras premium kemasan 5 kg, gula pasir kemasan 3 kg, dan minyak goreng kemasan 1 liter.

“Masing-masing masyarakat sasaran yang telah terdaftar, mendapat tiga komoditi yang masuk ke dalam satu paket tersebut dengan harga terjangkau karena telah disubsidi oleh pemerintah provinsi,” kata Eko Yulianto Kepala Disperindag Kabupaten Garut disela-sela kegiatan operasi pasar murah Rabu Rabu (23/7/2014).

Eko menambahkan, bahan makanan pokok yang dijual dalam operasi pasar tersebut dengan subsidi dari  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat khusus untuk Garut berbeda dengan daerah lainnya.

“Jika di daerah lain, Disperindag Porvinsi Jawa Barat memberikan lima jenis bahan makanan pokok, sementara untuk di Garut kami tidak mendapat telur dan daging sapi kemasan 1 kg. Ini bukan kebijakan dari pemerintah provinsi, melainkan atas permintaan kami sendiri.”. ungkapnya.

Eko beralasan paktor pengiriman barang berupa telur dan daging sapi ke beberapa pelosok wilayah Garut dikhawatirkan akan terkendala mengingat jarak tempuh dan beratnya medan yang harus dilalui.

“Atas pertimbangan itulah, kami meminta agar pemerintah provinsi memberikan tiga komoditi saja, tentu saja nilai subsidinya tetap sama.” ungkapnya.

Sementara itu besaran subsidi yang diberikan pemerintah provinsi pada tiga jenis bahan makanan ini adalah Rp7.000 untuk minyak goreng, Rp7.000 untuk gula pasir, dan Rp5.000 untuk beras.

“Masyarakat mendapat harga murah dengan adanya potongan harga subsidi dari pemerintah,” Imbuhnya.

Delapan kecamatan yang menjadi lokasi operasi pasar di Kabupaten Garut ini  adalah Kecamatan Garut Kota, Kecamatan Wanaraja, Kecamatan Tarogong Kaler, Kecamatan Selaawi, Kecamatan Pasirwangi, Kecamatan Samarang, Kecamatan Pakenjeng, dan Kecamatan Cisompet. Total paket yang diberikan untuk keseluruhan wilayah Garut sebanyak 8.000 paket atau setara dengan nilai Rp536 juta.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang