Gapura ,- Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syaifudin akhirnya menyampaikan hasil sidang Istbath penetapan hari Raya Iedul Fitri 1 Syawal 1435 H. di kantor Kementerian Agama RI Jakarta, Minggu (27/7/2014).
Hasil sidang istbath menetapkan 1 syawal 1435 H jatuh pada hari senin 28 Juli 2014,”Dalam sidang isbath sepakat 1 Syawal jatuh pada besok hari, Senin 28 Juli 2014 masehi,” kata Lukman Hakim Syaifuddin.

Menurut Lukaman, penetapan 1 syawal tersebut berdasarkan atas hasil pengamatan hilal di berbagai tempat pemantauan yang dilakukan oleh berbagai pihak terkait. Sedikitnya ada 111 titik yang dijadikan lokasi pemantauan hilal diseluruh penjuru tanah air yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berdasarkan hasil pemantauannya, ebagian berpendapat telah melihat hilal pada posisi ketinggian dua derajat bahkan lebih hingga pada posisi tiga derajat.

Lukman menegaskan, sedikitnya ada sekitar sembilan laporan dari sembilan orang di tiga titik yang berbeda, masing-masing  di Gresik Condrodipo, Pelabuhan Ratu dan Kolaka Sulawesi Utara yang telah melihat hilal.

Sementara itu, disejumlah tempat termasuk dibeberapa lokasi pemantauan hilal dijakarta, para petugas pemantauan tidak dapat melihat hilal karena cuaca buruk diselimuti dengan awan tebal.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang