GRT_PAWAI-OBOR-MALAM-17-AGUSTUS.1-005_0001-300x225 PARIWISATA BUDAYA PERISTIWA  Sambut HUT RI ke 69, Ribuan Warga Garut Pawai Obor

Ribuan warga Garut lakukan Pawai Obor pada Mlam 17 Agustus keliling pusat Kota Garut, Sabtu (16/8/2014). poto jmb

Gapura Garut ,- Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Ribuan warga dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Anggota Polisi, Tentara dan warga sipil linnya termasuk para pelajar melakukan pawai obor keliling kota Sabtu (16/8/2014) malam.

Pawai Obor ini dimulai dari depan alun-alun depan Gedung Pendopo Garut dan berakhir di Makodim 0611 Garut di jalan Veteran Kecamatan Garut.

Para peserta pawai mengenakan seragam lengkap sesuai dengan profesi dan Korps masing-masing, ada yang berpakaian Tentara, Polisi, Pakaian batik khas Garutan hingga Pramuka yang dikenakan para pelajar.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, pawai obor ini merupakan bentuk syukuran warga
masyarakat Garut atas kemerdekaan RI yang memasuki usia ke-69 dan telah dilakukan turun temurun.

“inilah bagian ungkapan rasa syukur kita warga kabupaten Garut, dimana dengan pawai obor ini mencerminkan semangat yang tidak boleh padam dalam meneruskan cita-cita para pejuang kemerdekaan dari para pendahulu kita”. Ungkapnya.

Tidak hanya itu, menurut Rudy, pawai obor ini juga menjadi pengingat atas jasa-jasa para pahlawan khususnya warga Garut yang berjuang bergerilya melawan penjajah di malam hari dengan menggunakan penerang obor

“Tentu saja obor ini memiliki sejarah panjang yang sangat lekat dengan para pejuang gerilya dahulu dimana mereka berperang kadang tidak lepas dari obor saat bergeriliya”. Paparnya.

Rudy juga mengajak kepada suluruh warga Garut, untuk tetap mengobarkan semangat kemerdekaan yang sudah dikobarkan para pejuang kemerdekaan dengan mengisi kemerdekaan ini melalui berbagai hal yang positif.

Sementara itu, puncak dari acara peringatan kemerdekaan ini menuju ke taman makam Pahlawan yang terletak di tenjolaya, Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kidul dengan agenda kegiatan berikutnya adalah renungan malam serta tabur bunga yang dilangsungkan tepat pada pukul 00.00 WIB.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang