gunung-papandayan-300x199 HUKUM & KRIMINAL PERISTIWA  Sempat Dikabarkan Tersesat, Delapan Pendaki Gunung Berhasil Ditemukan

Gapura Garut,– Delapan orang pendaki asal Bandung yang dikabarkan sempat tersesat di Gunung Panpandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, berhasil ditemukan.

Menurut Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Infanteri Bungkus Hadi Suseno, kedelapan pendaki ini sebelumnya dilaporkan hilang dan tersesat pada Sabtu 23 Agustus 2014. Laporan hilangnya kedelapan orang ini baru diterimana pihaknya pada Rabu pagi tadi.

“Kami baru menerima laporan ada pendaki yang tersesat tadi pagi. Begitu menerima laporan, sejak pagi itu juga personel TNI di wilayah Cisurupan dikerahkan untuk segera melakukan upaya pencarian. Namun, pada siang ini delapan pendaki itu sudah ditemukan dan berada di wilayah Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung,” kata Dandim Hadi Suseno, Rabu (27/8/2014).

Dandim menambahkan, selain anggota TNI, upaya pencarian juga melibatkan unsur dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut dan Basarnas. Dengan ditemukannya para pendaki, Hadi pun menginstruksikan personelnya untuk ditarik dari Gunung Papandayan.

“Personel sudah kami tarik kembali. Kini penanganan atas kedelapan orang itu ada pada pihak berwenang di wilayah Bandung,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terspisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya mengatakan, kedelapan pendaki ini merupakan warga Bandung. Namun demikian, pihaknya tidak mendapatkan informasi mengenai detail para pendaki tersebut.

“Sebelum masuk ke kawasan Gunung Papandayan, mereka sempat melapor ke petugas pos jaga di gerbang Gunung Papandayan untuk melakukan pendakian dan camping di sana. Namun, rupanya mereka tidak melakukan kontak kembali dengan petugas. Bahkan beberapa hari setelahnya. Kami pun langsung menggelar koordinasi untuk melakukan upaya pencarian. Hanya satu info yang kami terima, mereka berasal dari Bumi Panyileukan Bandung. Baru saja, mereka diketahui sudah ditemukan di Pangalengan,” Paparnya.

Dikdik menghimbau kepada seluruh pendaki yang akan melakukan aktivitas pendakian ke sejumlah gunung di Garut untuk mempersiapkan diri dan perlengkapan secara matang. Koordinasi dengan cara melapor dan meminta nomor kontak petugas pos jaga di sekitar gunung sangat diperlukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun dua gunung api yang kerap menjadi tujuan menarik bagi para pendaki adalah Gunung Guntur di wilayah Kecamatan Tarogong dan Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan serta gunung Cikuray dikawasan Cilawu Garut.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang