SDC11309-300x225 PERISTIWA  Belum Ada Droping Air Bersih, Warga Malangbong Masih Kesulitan Air Bersih

Gapura Garut,- Akibat kekeringan yang melanda memasuki bulan kedua, puluhan warga di Kecamatan Malangbong, terpaksa ngantri air bersih seharian untuk sekedar mendapatkan satu ember air bersih guna keperluan memasak .

Warga mengantri air besih di penampungan Air milik salah seorang warga di kampung Sanding Rt 1/1 Desa Girimakmur, Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Aminah salah seorang Nenek renta (80) masih juga harus ikut antri untuk mendapatkan air bahkan  harus menentengnya menggunakan  ember atau jiregan sejauah 300 meter dari rumahnya ke titik penampungan air.

Antrian warga untuk mendapatkan satu ember air bersih inipun masih harus diperoleh dengan menunggunya hingga berjamjam karena antrian warga yang banyak serta aliran air yang menggunakan selang plastik kapasitasnya kecil.

Menurut Nining (35) salah seorang warga lainnya, mengantri air bersih bagi warga sekitar merupakan kebiasaan hampir terjadi setiap tahunnya jika datang musim kemarau.’

“namun kali ini memang paling dirasakan sulit karena sumber airnya sudah mulai menyusut, apalagi sejumlah sumur milik warga sudah lebih dulu mengering”. Kata Nining disela-sela antri mengambil air tersebut.

Nining Menambahkan, warga termasuk dirinya berharap adanya perhatian pemerintah untuk membantu mensuplai air bersih agar warga tidak selalu harus mengantri air hingga berjam-jam dan jaraknya juga cukup jauh.

“Harapan kami pemerintah segera melakukan droping air bersih kesini memakai mobil tangki atau apapun bentuknya yang penting warga bisa lebih mudah mendapatkan air bersih”. Ungkapnya.

Warga juga meminta pemperintah Kabupaten Garut untuk kebutuhan jangka panjang supaya  membangunkan  sarana air bersih di Desa Girimakmur Kecamatan Malangbong, karena sejauh ini warga sudah sangat membutuhkan air bersih.

“disini untuk keperluan sehari-hari diluar memasak warga masih memanfaatkan air selokan atau dari sawah itupun yang masih ada airnya”. Jelasnya.

Menurut Solehudin  Kades Giri Makmur Kecamatan Malangbong, antrian warga untuk mendapatkan air bersih sudah menjadi pemandangan baru diwilayahnya.

“Warga memang melakukan antri dalam beberapa pekan ini supaya tidak terjadi keributan dan dapat terpenuhi kebutuhan airnya minimal untuk keperluan memasak dan minum”. Kata Solehudin saat dimintai tanggapannya, Rabu (18/9/2014).

Solehudin berharap, segera ada bantuan droping air bersih dari pemerintah Kabupaten Garut untuk mengatasi krisis air bersih bagi warga Desa Giri Makmur ini.

“Kami juga berharap seperti keinginan warga, Pemerintah kabupaten Garut di Desa Girimakmur segera  dibuatkan sumur Artesis agar  warga kami tidak lagi mengalami krisi air bersih jika musim kemarau tiba”. Pungkasnya.***Kus Kus Makuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang