Gapura Garut,– Penyebab Kebakaran yang melalap sejumlah saung makan lesehan dan bagian Dapur Kartika Sari di Jalan Raya Malangbong, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, ternyata berasal dari kasur, sebelumnya pihak pengelola rumah makan menduga kebakaran berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh salah seorang pengunjung.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya mengatakan, sedikitnya enam saung lesehan dengan ukuran sekitar 2,5×3 meter hangus terbakar.
“Kronologi awalnya itu dari kasur. Jadi, ada seorang warga bernama Manaf (66) mengemudikan damtruk nopol D 8386 AK, mengangkut barang-barang pindahan rumah tangga dari Tasikmalaya menuju Bandung. Mobil ini mengangkut kasur. Namun entah kenapa kasurnya terbakar tiba-tiba,” kata Dikdik, Kamis (25/9/2014).
Sopir mobil pun kemudian membuang kasur yang terbakar itu ke semak-semak pinggir jalan yang telah mengering. Tak disangka, api dari kasur ini merambat di semak-semak dan berakhir menjalar ke beberapa saung makan lesehan.
“Musim kemarau ini, semak-semak mengering sehingga mudah ikut terbakar. Kencangnya tiupan angin membuat api cepat merambat hingga ikut melalap beberapa saung makan lesehan di sekitar lokasi. Karyawan serta warga di tempat makan itu panik dan langsung berupaya memadamkan api. Sebagian diantara mereka mencoba menyelamatkan barang-barang dari dalam tempat makan. Api pun berhasil dipadamkan tak lama,” ujarnya.
Diberitakan sebelumnya, beberapa bagian pada tempat makan lesehan Kartika Sari terbakar sekitar pukul 15.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang