Ada Granat di Garut

Gapura Garut,-  Ditemukan pertama kali oleh salah seorang petani bernama Maman (57), sebuah  granat nanas peninggalan perang dunia II berada didalam rumah tua, di Kampung Rancabango RT 02 RW 04, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat.

Granat yang ditemukan dalam kondisi berkarat tersebut diduga pernah digunakan oleh DI/TII pimpinan Kartosuwiryo, sebelumnya ditemukan pada tumpukan barang dalam rumah kosong, Sabtu 4 Oktober 2014.

Menurut Pasi Intel Kodim 0611 Garut Kapten Chb Untung Wahyudi, kondisi granat saat ditemukan telah berkarat.

“Kami belum dapat memastikan apakah kondisi granat tersebut masih aktif atau tidak. Pihak Denpal yang akan menelitinya. Granatnya masih disimpan di Makodim. Karena hari ini libur, penyerahan granat ke Denpal baru akan dilakukan besok,” kata Untung, saat dikonfirmasi Minggu (5/10/2014).

Dugaan kuat granat tersebut pernah digunakan oleh pasukan DI/TII, mengingat  wilayah Kecamatan  Tarogong Kaler Garut merupakan salah satu basis dari kelompok tersebut di era tahun 40-an.

“Tarogong Kaler ini kalau melihat sejarahnya merupakan salah satu basis tempat latihan anggota DI/TII pada masa itu. Bisa jadi, granat yang ditemukan ini pernah digunakan kelompok itu. Misalnya, ketika dipakai latihan melempar, granat tidak meledak dan akhirnya ditemukan oleh warga,” Imbuhnya.

Untung juga belum dapat memastikan granat nanas tersebut dibuat oleh negara mana. “Terkait negara mana yang membuatnya, saya kurang tahu. Cuma granat ini dipastikan peninggalan perang dunia II serta bentuknya serupa dengan nanas,” ucapnya.

Selain pernah digunakan anggota DI/TII, tambah dia, masih ada dugaan lain mengenai asal usul granat tersebut. Pasalnya, dari informasi yang dia terima, rumah kosong itu merupakan milik pensiunan anggota Brimob Cirebon.

“Kami kesulitan untuk memastikan temuan ini kepada pemilik rumah. Karena rumahnya kosong. Infonya rumah tersebut milik pensiunan anggota Brimob”. tegasnya.

Pihak Kodim 0611 Garut melalui Danramil setempat menerima laporan dari warga terkait penemuan tersebut hingga akhirnya diamankan untuk sementara waktu di Makodim Garut.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang