DSC_0064_0001-300x198 PERISTIWA  Warga Bungbulang Banyak Menderita Tekanan Darah Tinggi  Diusia Muda

Salah seorang petugas Medis dari Bakrie Amanah untuk negeri saat melakukan pemeriksaan terhadap salah seorang warga, Rabu (8/10/2014) foto jmb

Gapura Garut,- Meski bukan berdasarkan dari hasil survei resmi, namun berdasarkan keluhan rata-rata  pasien yang datang melakukan berobat gratis yang diselenggarakan Keluarga Bakrie melalui Yaayasan Bakrie Amanah di Desa Mekarjaya, Kecamatan Bungbulang Garut Selatan, Rabu (8/10/2014). Banyak  warga menderita tekanan darah tinggi diatas ambang batas kewajaran pada usia tergolong muda dibawah usia 40 Tahun.

“Memang ada yang menarik pada sebagian besar warga disini, dari setiap sepuluh orang yang diperiksa enam hingga tujug orang diantaranya menderita tekanan darah tinggi pada level tinggi padahal usia mereka masih tergolong muda”. Kata Dokter Dwiandini salah seorang Tim Medis dari Bakrie Aamanah untuk Negeri, Rabu (8/10/2014).

Menurutnya, keluhan mayoritas warga yang berada didesa Mekarjaya tersebut meski tidak bisa dipastikan sebagai keluhan sebagian besar warga masyarakat secara umum, namun dari sisi medis cukup menarik mengingat kemungkinan ada prilaku dan gaya hidup warga yang merupakan kebiasaan turun temurun.

“Saya rasa cukup menarik, dari puluhan warga yang saya periksa barusan memang mayoritas tekanan darah tinggi, ternyata setelah saya tanya masing-masing pasien setiap hari ketika mereka makan selalu mengkonsumsi garam yang berlebih dengan selalu menyajikan garam disetiap hidangan makan mereka, ini mungkin salah satu pemicunya juga”. Ungkapnya.

Dwiandini menambahkan, perlu disosialisasikan kepada warga sekitar agar jagan terlalu banyak mengkonsumsi garam yang berlebihan sehingga memang garam dapat memicu tekanan darah tinggi jika dikonsumsi terlalu berlebih.

“Kami hanya menyarankan kepada warga untuk hati-hati dengan kebiasaan mengkonsumsi garam kalau biasa jangan setiap hari makan nasi dengan garam langsung, jadi harus dikurangi, karena jika tidak, kebiasan tersebut bisa berdampak buruk buat kesehatan dalam jangka panjang”. tegasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang