GRT_GUNUNG-GUNTUR-KEBAKARAN.1-001_0001-300x225 PERISTIWA  Hutan Gunung Haruman Garut Ludes Terbakar

llustrasi

Gapura Garut,- Buntut Kemarau panjang yang masih melanda wiayah Kabupaten Garut, membuta  kawasan hutan Gunung Haruman di Kampung Bongborotan, Desa Karanganyar, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, ludes terbakar .

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Dikdik Hendrajaya menyebutkan, luas total lahan hutan yang terbakar sedikitnya mencapai 5 hektare (Ha).

“Kebakaran hutannya terjadi sejak sore atau petang tadi dan baru berhasil dipadamkan oleh warga dan aparat pemerintahan setempat sekitar pukul 22.00 WIB kurang,” kata Dikdik, saat dihubungi Senin (27/10/2014) malam.

Menurut Dikdik, hutan yang terbakar ini masuk ke dalam lahan milik Perhutani. Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran di salah satu gunung wilayah utara Garut tersebut.

“Hutannya masuk ke wilayah Perhutani. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Penyebabnya kami belum mengetahui. Tadi kami hanya fokus agar kebakaran tidak merambat hingga ke permukiman. Laporan korban jiwa nihil,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Informatika Setda Kabupaten Garut Basuki Eko menambahkan, awal dari kebakaran hutan itu diketahui dari adanya laporan Muspika Kecamatan Leuwigoong. Dia pun mengimbau kepada seluruh Muspika di Garut untuk dapat selalu berkoordinasi bila terjadi sebuah peristiwa atau bencana di daerah masing-masing.

“Pihak Muspika dengan cepat melaporkan peristiwa itu. Pihak terkait dibantu warga sudah melakukan berbagai upaya dalam menanggulanginya,” tukasnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang