DSC09580-300x224 PERISTIWA  Empat Buah Rumah di Leles Ludes Dilalap Api

Gapura Garut,-  Kemarau panjang yang masih terus melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat  mengakibatkan bencana kebakaran terus terjadi dibeberapa wilayah.

Empat rumah warga di Kampung Salamnunggal Kulon RT 01 RW 07,   Desa Salamnunmggal, Kecamatan Leles Kabupaten Garut, ludes hingga  rata dengan tanah dan hanya menyisakan puing-puinggya setelah dilalap si jago merah, Senin ( 27/10/2014) siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Menurut Kasi Pemerintah Kecamatan Leles yang juga sebagai PJS Kepala Desa salamnunggal Kecamatan Leles, Endang Koswara, mengatakan kebakaran tersebut diduga akibat konsleting listrik dari salah satu rumah kosong yang ditinggal pergi oleh pemiliknya.

“adapun rumah yang terbakar milik adallah Yadi , Asep, Saepudin ,dan Arip Hidayat, keempat rumah warga ludes hanya menyisakan puing-puingnya saja”. kata Endang saat dijumpai dilokasi kejadian.

Menurutnya, tiupan angin kencang serta cuaca panas akibat musim kemarau membuat kobaran api dalam kebakaran tersebut sangat cepat merembet dari bangunan rumah satu kerumah lainnya hingga melalap empat buah bangunan rumah.

“Saat kejadian puluhan warga berdatangan ke lokasi termasuk dari jajaran Muspika Kecamatan Leles untuk membantu memadamkan api dengan cara menyiramkan air  dengan peralatan seadanya, namun karena kemarau dan cuaca panas serta tiupan angin kemcang,  ke empat rumah tersebut satupun tidak ada yang terselamatkan di kobaran api”, Paparnya.

Kondisi keempat rumah tersebut yang merupakan rumah panggung  membuat bangunan rumah sangat mudah terbakar . Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut,  namun kerugian mencapai Rp 200 juta rupiah.

Selain keempat rumah yang terbakar, juga  tidak  ada satupun barang isi dari masing-masing rumah yang terselamatkan termasuk enam ekor domba adu milik warga mati terpanggang api.

“Pemilik rumah  beruntung masih terselamatkan dengan hanya baju yang nempel di badan saja”, Kata Endang sambil meminta pihak Pemkab Garut untuk sesepatnya memberikan bantuan sembako dan material bangunan untuk kembali dapat membangun kembali rumah tinggal milik empat kepala keluarga tersebut.

Endang Koswara berharap pasca kejadian ini, pemerintah Kabupaten Garut agar menyediakan mobil pemadam kebakaran di lokasi yang berdekatan dengan wilayah mereka semisal ditempatkan satu unit dikantor kecamatan Leles.

“mengingat, daerah Kecamatan Leles dengan kota Garut cukup jauh dan membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan belum lagi jika lalu lintas sedang  macet , maka banyak kejadian kebakaran yang tidak bisa diselamatkan oleh keterlambatan datangnya mobil pemadam kebakaran itu” Tegasnya.***Kus Kus Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang