poto-slb-pramuka-300x199 PERISTIWA  Ratusan Anak SLB, Ikut Kemah Pramuka Luar Biasa

Gapura Garut ,- Meskipun secara fisik terlihat memiliki kekurangan, namun dalam kecakapan dan pehamannya tentang berbagai pengetahuan sama persis seperti anak-anak pelajar sebaya lainnya.

Itulah pemandangan yang terlihat dari ratusan anak sekolah Luar Biasa (SLB) saat mengikuti kegiatan pramuka dengan meggelar perkemahan dikomplesk Pesantren Al jauhari, Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangtengah, Kabuten Garut, Jawa Barat.

Sedikitnya sekitar 300 lebih peserta anak didik berkebutuhan khusus dari 25 SLB yang ada di Kabupaten Garut, mereka dilatih untuk bisa hidup mandiri seperti layaknya anak-anak normal lainnya.

“Dalam perkemahan ini selama tiga hari para peserta mengikuti berbagai perlombaan untuk mengasah kemandirian serta ketangkasan anak berkebutuhan khusus ini , intinya untuk mengajari kemandirian dengan kegiatan pramuka”. Kata Fanny salah seorang pembimbing pramuka, Kamis (30/10/2014).

Menurutnya, berbagai kreatifitaspun di tunjukan oleh anak berkebutuhan khusus ini dan hasilnya tidak kalah menark dari hasil karya anak-anak normal lainnya.

“Lihat saja salah satu karya mereka berupa hiasan dari tenda yang di pasang oleh mereka masing-masing, mulai dari memasang tanaman hingga melakukan dekor tenda terlihat rapih dan paratif”. Ungkapnya.

Fanny menambahkan dalam membibing anak di SLB sedikit mengalami kesulitan karena berbeda kemampuan juga dengan cacat fisik yang dialami mereka juga berbeda-beda, sementara kegiatan yyang diajarkan dalam pramuka juga sama seperti bagi yang normal.

“Mereka juga diajarkan morse, tali temali,semapore, baris berbaris dan juga kegiatan terkait kepramukaan linnya, memang agak sulit tapi pad akhirnya mereka juga bisa mengikutinya”. Imbuhnya.

Sementara itu menurut Andri Sunandar, Ketua Panitia penyelenggara mengatakan, bagi para peserta yang merupakan anak-anak berkebutuhan kusus tersebut kegiatan difokuskan pada bidang kesenian.

“Kami berencana akan melaksanakan kegiatan kemah pramukan bagi anak SLB ini setiap tahun ada dengan fokus kegiatan lebih menonjolkan pada kemampuan berkesenian bagi anak-anaknya”. Kata Andri disela-sela kemah pramuka SLB tersebut.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang hadir membuka kegiatan pramuka snak-anak SLB tersebut menyampaikan apresiasinya dengan penuh semangat. Bupati juga berjanji akan memberikan perhatian dan prioritas terjadap anak-anak berkebutuhan khusus tersebut.

“tentu saja kami sangat mengapresiasi dengan kegatan ini, dan kedepan kami juga harus lebih memperhatikan lagi tentang berbagai kebutuhan bagi penyelenggaraan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus, bai k pasilitas maupun anggaran dan yang lainnya”. Katanya

Menurut Rudy jikan selama ini terkesan banyak terabaikan dalam hal perhatian dari pemerintah, khusnya dari pemerintah Kabupaten Garut , maka pihaknya segera memperbaki hal tersebut denganmeningkatkannya.
Rudy juga berkenan menyalami satu persatu anak-anak peserta kemah saat melakukan peninjauan ketenda masing-masing peserrta pramuka tersebut.***Niken

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang