pangandaran_junjun_penanaman-2-001_0001-300x224 PERISTIWA  Pangandaran Hijaukan Pesisir Pantai Degan Penanaman Pohon

Gapura Pangandaran,- Mencegah teradinya abrasi dipesisir pantai,  warga masyarakat Pangandaran, Jawa Barat  beramai ramai menanam ribuan jenis pohon di sepanjang pantai di Pangandaran dengan tidak kirang dari  3500 batang pohon dari  berbagai jenis.

“Kami menyadari bahwa semakin hari abrasi dipesisir pantai pangandaran ini semakin terlihat mulai mengancam terus, sehingga perlu adanya upaya yang berkesinambungan untuk mencegahnya dengan salah satunya melakukan penanaman pohon tersebut”. Kata Tono salah seorang warga Pangandaran disela-sela kegiatan penanaman pohon tersebut, Sabtu (29/11/2014).

Menurutnya seuruh perwakilan elemen msayarakat Pangandara ikut serta dalam kegiatan tersebut yang rencananya akan dilakukan  disepanjang pantai barat pangandaran tepatnya di blok Pamugaran Desa Cikembulan, Kecamatan  Sidamulih, diamana nantinya akan  dikelola sebagai kawasan penghijauan pantai.

“nantinya akan dikelola oleh warga masyarakat dan pemerintah sebagai kawasan hijau pantai sehingga menambah kuat struktur tanah yang ada dipesisir pantai tersebt”. Ungkapnya.

Adapun jenis pepohonan yang  ditanam menurut Tono adalah diantaranya,  pohon ketapang,  nyamplung,  cemara laut dan pohon kelapa.

“Atas prakarsa dari Bapak kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Kehutanan kabupaten Pangandaran, kegiatan ini  tujuan utamanya untuk mengurangi pengikisan pantai,  rumah gas atau rumah kaca”, paparnya.

Kegiatan gotong royong yang melibatkan berbagai elem masyarakat Pangandaran ini  juga sebagai salah satu cara  menumbuhkan penambahan ilmu pengetahuan terhadap generasi penerus.

 Lokasi penanaman pohon di sepanjang harim Laut yang membentang sepanjang 1750 meter dengan dibagi 33 kaveling, dengan pengadaan bibit dilakukan oleh dinas kelautan Periikanan dan kehutanan Pangandaran.***Acep Budiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang