jalan-longsor-di-pamalayan-cisewu-300x224 PERISTIWA  Hujan Deras Picu Logsor, Tutup  Jalan Cikajang-Banjarwangi Garut

Gapura Garut,- Hujan deras yang mengguyur kawasan kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak hanya menyebabkan air Sungai Cibarengkok di Kecamatan Cikajang meluap, namun juga menyebabkan Jalan Cikajang-Banjarwangi tertutup longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut mencatat, panjang jalan yang tertutup longsor ini sepanjang 100 meter dengan ketinggian material tanah kurang lebih 50 cm.

“Laporan yang masuk kepada kami, setelah terjadi banjir bandang di wilayah Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, yaitu kurang lebih 15 menit kemudian, pukul 13.45 WIB, terjadi longsor. Longsor ini menyebabkan akses jalan dari Cikajang menuju Kecamatan Banjarwangi dan sebaliknya terputus,” kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut TB Agus, Selasa (9/12/2014).

Guyuran hujan yang terjadi sejak pukul 11.00 WIB siang membuat tebing di pinggir jalan itu jenuh dan ambruk seketika. Agus mengaku pihaknya belum bisa mengonfirmasi lokasi titik longsor di jalur tersebut.

“Arus lalu lintas terputus total dari dua arah antara Cikajang dan Banjarwangi. Sebenarnya masih ada jalur lain, yaitu melalui kawasan Cihurip. Cuma untuk kondisi hujan dan cuaca saat ini sangat tidak disarankan melewati jalur Cihurip karena terjal dan curamnya medan jalan,” paparnya.

Saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Binamarga Kabupaten Garut. Pasalnya, jalan yang tertutup longsor ini berstatus sebagai jalan kabupaten.

“Kami masih menunggu kiriman alat berat berupa bechoe dan loader untuk membersihkan material longsoran dari Dinas Binamarga Kabupaten Garut. Sementara warga dibantu relawan mencoba membersihkan jalan secara manual,” paparnya.

Mengenai luapan banjir bandang yang melanda Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Agus membenarkan bila peristiwa itu telah merendam ratusan rumah warga. Ia pun menerima bila tiga rumah semi permanen di desa ini hanyut akibat dibawa arus sungai.

Di Tempat terpisah, Camat Cikajang Ganda Permana mengakatan, longsor yang menutupi badan jalan Cikajang-Banjarwangi tidak terjadi di wilayahnya, melainkan di wilayah administratif Kecamatan Banjarwangi.

“Sementara di wilayah Kecamatan Cikajang tidak ada longsor. Memang infonya ada kejadian longsor, tapi itu masuk wilayah Banjarwangi. Jalur yang tertutup benar jalan Cikajang-Banjarwangi,” ucapnya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Cikajang dan sekitarnya sejak pukul 11.00 WIB siang menyebabkan ratusan rumah di Desa Mekarjaya terendam akibat luapan Sungai Cibarengkok. Ratusan rumah itu terdiri dari empat kampung, yakni Kampung Pamegatan, Lapang, Cipanas, dan Barubandung.

Ketinggian banjir bervariasi dari mulai setengah meter hingga dua meter. Bervariasinya ketinggian banjir disebabkan karena wilayah yang terdampak merupakan kawasan cekungan di kawasan sempadan Sungai Cibarengkok.

Selain rumah warga, tiga unit mesjid dan satu madrasah Al Ittihad, yaitu tempat sekolah bagi anak-anak TK, SD, dan SMP juga terendam banjir.

Sementara itu seperti diberitakan sebelumnya,  Kepala Bagian Oprasi Polres Garut Kompol Wira mengatakan pihaknya bersama tim gabungan dari Polri dan TNI telah berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) untuk melakukan langkah langkah terkait musibah banjir bandang tersebut.

“Setelah melakukan koordinasi, kami akan melakukan langkah-langkah pengamanan seluruh barang-barang milik warga setelah sebelumnya tim gabungan juga melakukan evakuasi dan mengamankan warga korban banjir ketempat yang lebih aman”. Kata Wira saat ditanya dilokasi Banjir.

Menurtnya pihaknya telah menerjunkan anggota Kepolisian dari polres Garut dan polsek setenpat sesuai kebutuhan situasi untuk pengamanan dan membantu warga korban banjir agar benar-benar aman.

“jumlah anggota yang kami terjunkan cukup banyak terlebih ditambah lagi dengan petugas lainnya sehingga makin banyak dan diharapkan dapat membantu sepenuhnya para korban banjir ini”. Ungkapnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang