143429_620-300x170 PERISTIWA  Bupati Garut : Siaga Bencana Kabupaten Garut Higga Bulan Maret

Foto istimewa

Gapura Garut,- Bupati Garut Rudy Gunawan kembali menegaskan pihak pemerintah Kabupaten Garut sesuai surat keputusan telah menetapkan bahwa siaga bencana diberlakukan hingga pada tanggal 1 Maret 2015 mendatang.

Kebijakan tersebut diambil pemerintah Kabupaten Garut sebagai bagian dari upaya mempermudah dalam melakukan tanggap darurat bagi setiap peristiwa bencana alam yang tejadi di Kabupaten Garut seperti yang terjadi beruntun dalam beberapa pekan terakhir ini.

“Berdasarkan pemantauan yang saya lakukan dengan pak wakil bencana yang belakang tejadi memang menyebar disejumlah titik dibeberapa lokasi dari beberapa kecamatan, dalam pematauan kemarin saya berbagai dengan pak wakil ke wilayah selatan saya ke wilayah Garut utara”. Kata Rudy Minggu (21/12/2014).

Menurut Rudy terkait bencana yang terjadi pada hari kemarin dan juga peristiwa-periistiwa bencana sebelumnya yang paling mendapat perhatian adalah tentang fasilitas-fasilitas umum seperti jalan dan jembatan serta keselamatan warga yang menjadi korban bencana itu sendiri.

“Kita perhatikan fasilitas umum, jembatan dan jalan serta memusatkan perhatian pada beberapa daerah yang kini sangat rawan bencana, maka kita membuat dua langkah taktis yaitu membangun posko  bencana diselatan dengan kewaspadaan penuh semua kecamatan terkait,  serta persiapan logistik dalam bentuk persediaan makanan termasuk makan bayi bagi para korban bencana”. Paparnya.

Terkait dengan banyaknya infrastruktur yang rusak akibat bencana alam tersebut Bupati Rudy memastikan dengan anggaran cadangan bencana alam serta pada alokasi anggaran baru akan segera dilakukan perbaikan-perbaikan kerusakan akibat bencana tersebut.

“Dana cadanag bencana yang ada memang tidak akan cukup, namun pada alokasi anggaran baru kita sudah mencanangkan sekitar 4 Milayar mulai bulan Januari 2015 mendatang sudah bisa juga digunakan, belum juga dana-dana lain termasuk dari Badan Penanggulangan Bencana dan dana-dana pusat lainnya”, Tandasnya.***jmb 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang