Banjar-20141221-00659-300x224 PERISTIWA  Warga Banjar Menjaring Ikan Digenangan Banjir

Gapura Kota Banjar ,- Banjir yang merendam puluhan kolam di Lingkung Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat  membuat sebagian warga justru memanfaatkan luapan air yang masih tersisa disejumlah kawasan pesawahan dan kolam untuk menjaring ikan.

Banyaknya kolam yang terhempas luapan air membuat ikan yang ikut terhempas air banyak berada diantara genangan air bekas luapan banjir tersebut. Banyaknya ikan yang mudah ditangkap membuat warga sekitar mencoba memanfaatkan situasi itu untuk menangkap ikan menggunakan jala dan alat penagkap ikan lainnya.

Seperti yang dilakukan Wahyu (28) warga setempat, ia bersama warga lainnya memanfaatkan sisa luapan air untuk menangkap ikan yang terbawa banjir akibat kolamnya terendam diterjang banjir Sabtu 20 Desember 2014 kemarin.

“Akibat banjirkemarin ini  jadi banyak ikan yang lepas dari kolam,”Kata Wahyu Minggu (21/12/2014).

Wahyu mengakui dapat menangkap ikan cukup banyak dari hasil  menjala yang ia lakukan sejak minggu pagi hingga siang. Ikan yang ia dapat bervariasi, seperti mujair, gurame, terutama lele.

“Wah lumayan banyak mas, sering-sering aja seperti ini,”katanya sambil tertawa.

Tidak hanya Wahyu, warga lainnya yang memanfaatkan keadaan tersebut adalah Ende (32), ia mengatakan bahwa untuk mencari ikan tidak harus jauh-jauh ke sungai, tapi dipekarangan rumah yang tergenang air pun banyak ikannya, ikan tersebut akibat dari kolam yang limpah akibat banjir.

“Tidak harus jauh-jauh ke sungai, disini pun banyak ikannya,”kata Ende.

Selain mereka, masih banyak warga lain yang datang, mereka membawa jala, pancing, hingga jaring.

Selanjutnya, oleh warga ikan-kan yang berhasil ditangkapnya kemudian sebagian dijual kepada warga lainnya yang membutuhkan disamping untuk dikonsumsi sendri.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang