rumah-longsor-300x224 PERISTIWA  Longsor di Cikajang, Satu Rumah Rusak Berat, Seorang Warga Terluka

gambar ilustrasi (foto istimewa)

Gapura Garut ,– Setelah diguyur hujan deras terus terusan dalam beberapa hari takhir ini, satu unit rumah mengalami rusak berat akibat dihantam longsoran tanah serta  tiga rumah lainnya dalam posisi terancam.

Pertistiwa tanah  longsor ini di Kampung Areng Panarikan RT 02 RW 07, Desa Cikajang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Kamis 25 Desember 2014 malam.

Menurt Dedeng (39) pemilik rumah yang mengalami rusak berat, dirinya juga nyaris menjadi korban longsoran tanah tersebut namun beruntung keburu dapat menghindar dan menyelamatkan diri meski harus mengalami luka lebam dan lecet di beberapa anggota tubuhnya.

Menurutnya, dia nyaris tertimpa longsor saat berada dalam rumah bilik panggung yang berukuran 36 meter persegi, dalam situasi yang panik dirinya berhasil menyeamatkan diri dari terjangan longsor tersebut.

“Korban langsung dievakuasi ke rumah tetangga setelah kejadian itu. Rumah yang ditempati korban dan tujuh jiwa lainnya ini mengalami rusak berat karena diterjang longsor pada Kamis malam,” kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut TB Agus, Jumat (26/12/2014).

Untuk menghindari terjangan longsor susulan, warga yang menghuni tiga unit rumah lain di lokasi itu juga ikut diungsikan. Ketiga rumah tersebut posisinya terancam longsor.

“Hujan deras terus menerus membuat satu rumah rusak berat tertimpa longsor dan tiga lainnya terancam. Semua warga baik yang rumahnya rusak dan terancam, sudah meninggalkan rumah mereka karena khawatir ancaman longsor susulan”Ungkapnya.

Menurutnya, besaran kerugian pada kejadian tadi malam masih dalam penanganan BPBD Garut dan Muspika Kecamatan Cikajang.

“Kita masih menghitung kerugian yang dialami korban, namun sejauh ini BPBD Garut, sudah mengirimkan logistik berupa bahan makanan kepada warga yang menjadi korban”. Pungkasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang