BUPATI-2-300x200 PERISTIWA  Bupati Garut : Gerakan Rehabilitasi Irigasi Meningkatkan Pendapatan Petani

Bupati Garut Rudy Gunawan saat mencanangkan gerakan rehabiliatsi Irigasi Tingkat Kabupaten Garut, Selasa (20/1/2015) foto Niken

Gapura Garut ,- Upaya meningkatkan swasembada pangan padi, jagung dan kedelai dilaksanakan dengan melakukan Gerakan Rehabilitasi jaringan irigasi pertanian serentak secara Nasional.

Tingkat Kabupaten pencanangan dilakukan langsung oleh Bupati Garut  Rudy Gunawan, di Desa Mekargalih Kecamatan Tarogong Kidul, Selasa (20/1/2015). 

Menurut Bupati Rudy Gunawan, infrastruktur pertanian merupakan salah satu faktor penting dalam proses keberhasilan pertanian.

“Ketersediaan air yang cukup akan berdampak  pada kualitas dan kuantitas pertumbuhan tanaman  yang baik pula.” Kata Rudy disela-sela kegiatan tersebut.

Rudy menegaskan, infrastruktur pertanian masih menjadi salah satu kendala terhadap pembangunan sektor pertanian secara keseluruhan, walaupun berdasarkan catatan sektor pertanian masih menunjukan sesuatu yang membanggakan.

“Beberapa persoalan terkait infrastruktur pertanian adalah alih fungsi lahan serta kondisi jaringan irigasi yang tidak berjalan optimal karena  hampir sebagian besar mengalami kerusakan.Oleh kerenanya  kedua persoalan tersebut harus segera diperbaiki karena jika tidak segera dinatisipasi maka akan berdampak kepada menurunnya produksi pertanian secara keseluruhan”, ungkapnya.

Rudy juga memaparkan, berdasarkan ketentuan, jaringan irigasi tersier menjadi tanggung jawab para petani atau P3A, namun pada kenyataannya, lanjut Rudy , tidak semua petani/P3A mampu memperbaiki.

“Oleh karenanya pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk melakukan rehabilitasi terhadap jaringan irigasi yang dianggap rusak tersebut. Pemberian air irigasi yang baik tentunya memerlukan sarana dan prasarana irigasi yang memadai pula”.paparnya.

Rudy berharap dengan adanya gerakan rehabilitasi jaringan pertanian ini, tujuan akhir dalam upaya meningkatkan produksi sekaligus meningkatkan pendapatan petani demi terwujudnya swasembada padi, jagung dan kedelai dapat tercapai sesuai harapan semua.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang