20120613213703_anwarmusaddad PERISTIWA  Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan KH. Anwar Musaddad Berlangsung di Jakarta

Almarhum KH. Anwar Musaddad, foto Istimewa

Gapura Jakarta ,- Seminar Nasional pengusulan Prof KH Anwar Musaddad sebagai pahlawan nasional berlangsung di Kementerian Sosial (Kemensos) di Jakarta, Kamis (2/4/2015). KH. Anwar Musaddad adalah tokoh Garut yang berjasa pada masa perjuangan kemerdekaan dan pendidikan.

Menurut  Mensos Khofifah Indar Parawansa siapapun yang sedang diusulkan mendapatkan gelar pahlawan nasional harus melewati proses pemaparan dalam sebuah seminar nasional untuk mengetahui sepak terjang yang bersangkutan.

“yang bersangkutan sebelumnya telah berproses di daerah asal kelahirannya supaya testimoninya itu berdasarkan pada proses di daerah dari mana beliau calon pahlawan tersebut diusulkan berasal,” Kata Mensos Khofifah disela-sela Seminar Nasional Usulan Calon Pahlawan Nasional di Gedung Aneka Bhakti Kemensos kepada sejumlah wartawan.

Mensos menegaskan selanjutnya, para pengusul diwajibkan membuat seminar yang menghadirkan ahli sejarah agar bisa dinilai apa jasanya bagi bangsa dan apakah layak menjadi pahlawan.

“Kemudian harus ada seminar nasional di Jakarta supaya sejarawan juga bisa melihat seluruh perjuangan dan keteladananan yang sedang diusulkan untuk dapatkan gelar pahlawan nasional,” ungkapnya.

Sosok Almarhum Anwar Musaddad sendiri adalah pejuang kemerdekaan asal Garut, pendiri sekaligus rektor pertama Universitas Islam Negeri Gunung Jati, Bandung-Jawa Barat. Almarhum juga merupakan pendiri pondok pesantren dan yayasan pendidikan Al Musaddadiyah di Garut.

Almarhum kelahiran Ciledug-Garut pada 3 April 1909 ini tercatat juga pernah mendapat sebagai Wakil Rais Aam Syuriah PBNU dengan ketuanya saat itu KH Bisri Syamsuri. Anwar juga pernah menjabat sebagai Dewan Penasihat PBNU sampai akhir hayatnya 21 Juli 2000 pada usia 91 tahun.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang