PERISTIWA

Ridwan Kami Pidato Memukau Para Kepala Negara Peserta Peringatan KAA

M. RIDWAN KAMIL

Gapura Bandung,- Peringatan Konfrensi Asia Afrika yang dihelat di Kota Bandung, Jawa Barat benar-benar sebuah hajat yang meriah dan syarat makna bagi sejarah Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) yang bisa disapa Kang Emil tampil memukau dan berhasil mempersembahkan yang terbaik bagi tamu-tamu negara tersebut. Saat mengambil kesempatan berpidato pertama pada peringatan KAA Ke 60 ini, RK  berhasil mencuri perhatian Presiden Joko Widodo dan para pemimpin negara peserta peringatan ke-60 tahun Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Jumat pagi, 24 April 2015.

Kang Emil, ternyata mendapatkan kesempatan berpidato pertama kali untuk menyambut para tamu sebelum Presiden Jokowi menyampaikan pidatonya.

Dalam pidatonya, Ridwan Kamil berhasil mengundang perhatian para pemimpin dunia yang hadir. Bahkan, baik Presiden Jokowi maupun Presiden China Xi Jinping, tampak terpukau saat mendengarkan pidato Ridwan dalam bahasa Inggris.

Dalam pidato sekitar lima menit itu, Ridwan menyampaikannya dengan bahasa Inggris secara lancar dan fasih. Sesekali dia menunjukkan gestur atau bahasa tangan untuk menjelaskan pidatonya.

Rangkaian sambutan yang diampaikan RK, juga membacakan Dasa Sila Bandung di hadapan para pemimpin dunia. Pedoman kedamaian dan kerjasama dunia yang dicetuskan bangsa-bangsa Asia Afrika itu disampaikan dalam bahasa Inggris.

Tidak lupa pada akhir pidatonya, RK menutup dengankata-kata dalam bahasa Sunda. “Hatur nuhun (terima kasih),”Ucapnya.

Seperti yang sudah direncanakan dengan matang sejumlah pejabat tinggi di Jawa Barat sudah berbagi tugas masing-masing. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kebagian tugas menyambut para tamu negara di depan Hotel Savoy Homann. Sementara, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar giliran menyambut tamu penting yang tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *