ggunungpapandayanmasihterbakar. PERISTIWA  Puncak Gunung Papandayan Garut Ludes Terbakar

poto istimewa

Gapura Garut ,- Musim Kemarau panjang yang terjadi saat ini mengakibatkan Puncak Genteng di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut ludes terbakar. Kebakaran puncak Gunung tersebut terjadi pada Rabu 29 Juli 2015 melalap habis  lahan kurang lebih seluas dua hektare (ha) di kawasan tersebut.

“Kebakaran di Puncak Genteng Gunung Papandayan ini pertama kali dilaporkan oleh masyarakat sekitar. Mereka melaporkan ada asap mengepul dari Gunung Papandayan,” kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut TB Agus Sofyan, Kamis (30/7/2015).

Berdasarkan laporan tersebut menurut Agus pihaknya  segera melakukan koordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Barat. Petugas BKSDA dibantu masyarakat langsung berupaya memadamkan kebakaran di Puncak Genteng.

“Upaya pemadaman itu membuahkan hasil. Api dapat dicegah untuk merambat ke kawasan lainnya hingga akhirnya dipadamkan hari ini sekitar pukul 11.00 WIB,” ujarnya.

Meski tidak diketahui penyebab kebakaran, Agus menduga kebakaran tersebut terjadi akibat ulah manusia. Apakah terjadi karena disengaja atau tidak, dia belum meyakininya.

“Sepengetahuan saya, tidak mungkin akibat cuaca panas. Sebab kawasan itu terbilang daerah lembap. Perlu penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya,” tandasnya.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang