jembatan-300x281 PERISTIWA  Kerahkan Alat Berat Dinas Bina Marga Jabar Pasang Jembatan Bailey Baru
Gapura Garut ,- Memperbaiki jembatan Bailey yang anjlok hingga mengalami kemiringan di jalur Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Dinas Bina Marga Propinsi Jawa barat mengerahkan alat berat untuk memasang jembatan Bailey pengganti.
Menurut Mujiono pelaksana pembangunan jembatan tersebut mengatakan, selama dalam masa perbaikan, jalur penghubung perkotaan Garut dengan Garut Selatan di Kampung Loasari, Desa Tambakjaya, Kecamatan Cisurupan ini masih ditutup untuk arus lalu lintas.
“Sebelum jembatan bailey yang baru ini dipasang, kami harus memperkuat dahulu tanahnya dengan membuat beronjong. Setelah penopangnya dibuat dan dinyatakan kuat, baru jembatan dipasang kaena material jembatan bailey sudah ada,” kata Mujiono, Jumat (14/8/2015).
Mujiono menambahkan, pada perbaikan jembatan tersebut, Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat menurunkan sejumlah alat berat, dan mengerahkan petugas untuk memasang beronjong, dengan tiga panel dipasang guna menahan tiang jembatan bailey.
“Dinas sudah menurunkan alat berat untuk mempercepat proses perbaikan dan penguatan penopang jembatan. Jumlah petugas pun ditambah,” ujarnya.
Arus lalu lintas yang akan menuju  jalur ini masih dialihkan ke jalur Cigedug dengan rute memutar. Kanit Dikyasa Satlantas Polres Garut Ipto Tito mengatakan, pengalihan arus dilakukan karena jembatan belum bisa digunakan.
“Arus dari wilayah selatan Garut ke perkotaan Garut, maupun sebaliknya dialihkan sampai jembatan ini terpasang dan aman digunakan. Kendaraan yang melintas kami arahkan ke beberapa perkampungan dengan jarak kurang lebih 8 km,” katanya.
Sebelumnya, jembatan bailey tersebut dilaporkan mengalami kemiringan sekitar pukul 02.00 WIB dini hari pada Kamis 13 Agustus 2015. Jembatan kemudian semakin bertambah miring dan anjlok pada siang hari, karena terus dilintasi kendaraan bertonase berat.
Jembatan bailey tersebut merupakan jembatan darurat yang didirikan sementara, pasca diperbaikinya jembatan utama yaitu Jembatan Ciparupuh beberapa pekan lalu. Namun sekitar pukul 11.00 WIB, jembatan bailey ini semakin miring saat dilintasi truk.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang