bendera-batu-tumpang-300x185 PERISTIWA  HUT RI Ke 70, Bendera Raksasa Kembali Berkibar di Batu Tumpang

Bendera Berukuran 60 x 20 meter kembali berkibar di Batu Tumpang Cikajang Garut, foto jmb

Gapura Garut ,- Tradisi mengibarkan bendera merah putih diatas tebing Batu Tumpang, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali terulang. Kali ini bendera raksasa berukuran 60 x 20 meter berhasil dikibarkan oleh para aktifis pemanjat tebing yang tergabung dalam Komunitas OASE (Outdoor and Adventure Service) Cikajang, Senin (17/8/2015).

“Semula kami ingin mengibarkan bendera merah putih dengan ukuran 75 x 20 meter namun karena menyesuaikan dengan kontur tebing batu Tumpang sendiri akhirnya diputuskan menjadi 60 x 20 meter dan dikerjakan dalam waktu dua hari pembuatan benderanya”, Kata  Devi Lukmana Ketua Panitia pelaksana pengibaran Bendera raksasa di tebing Batu Tupang saat ditemui disela-sela pengibaran tersebut.

Menurutnya, untuk mensukseskan pengibaran bendera di tebung Batu Tumpang pihaknya melakukan persiapa sejak dua bulan lalu dengan melakukan latihan intensif bagi sepuluh orang pemajat yang bertugas mengibarkan bendera ditebing tersebut.

“Untuk persiapannya, kami lakukan sejak dua bulan kebelakang dengan melakukan latihan fisik dan berlatih memanjat dilokasi untuk menguasai medan panjat tersebut”, Ungkapnya.

Devi menambahkan, tradisi pengibaran bendera merah putih ditebing Batu Tumpang tersebut akan terus mereka pertahankan dengan setiap tahunnya melakukan evaluasi dan perbaikan perbaikan.

“Sejak tahun 2013 kami melakukan pengibaran bendera disini dan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan baik dari ukuran bendera maupun teknik pengibaran yang terus kami tingkatkan”, Ucapnya.

Sementara itu, penasehat OASE Rahmat Hadi mengatakan, tradisi pengibaran bendera di Batu Tumpang terus dipertahankan sebagai bentuk kecintaan anak bangsa khususnya komunitas pemanjat tebing di Kabupaten Garut kepada Indonesia dan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

“Inspirasi memasang bendera ukuran besar ini bagian dari rasa memiliki, rasa menghormati kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” Ungkapnya.

Rahmat menambahkan, kegiatan pemasangan bendera raksasa tersebut diprakarsai oleh berbagai kalangan di Garut, mulai dari Komunitas otomotif, organisasi masyarakat dan organisasi Pecinta alam.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang