tpa-kebakaran-300x225 PERISTIWA  Kobaran Api Melalap Gunungan Sampah di TPA Ciamis

Gapura Ciamis ,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA ) sampah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang berada di dusun Cikatomas, Desa Handap Herang, Ciamis dilahap sijago merah sejak pukul 04.00 Jumat (21/8/2015) sore hari.

Berdasarkan pantauan dilapangan kebakaran diduga kuat dipicu oleh musim kemarau panjang yang belum menunjukan tanda-tamda akan turun hujan. Akibat terik panas matahari gunungan sampah di TPA tersebut menjadi sagat mudah terbakar.

Sedikitnya sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik pemerintah Kabupaten Ciamis telah diturunkan ke lokasi untuk memadakan kobaran api yang terus menyala melalap habis gunungan sampah hingga menimbulkan kepulan asap tebal.

Tingginya gunugan sampah tersebut membuat kobaran api terus merembet dan sulit dipadamkan, meski sudah berkali-kali mobil pemadam menyempatkan air namun api tidak juga padam.

“ Karena tumpukan sampah yang tinggi dan sudah kering terkena terik matahari jadi sangat mudah terbakar , tiupan angin kencang juga menyebabkan api sangat sulit ntuk dipadamkan”, Kata Een Hendarli, Kasubag Pemadam kebakaran Ciamis, Sabtu (22/8/2015).

Menurutnya sudah lebih dari 17 jam , petugas pemadam kebakaran melakukan upaya pemadaman namun bellum juga membuahkan hasil.

“Kobaran apinya sangat sulit untuk dipadamkan, terutama api yang membakar tumpukan sampai yang berada dibagian tebing curam, itu sangat menyulitkan petugas untuk memuntahkan air ke tebing”, Ungkapnya.

Beruntung lokasi tersebut tidak membahayakan warga karena lokasi kebakaran yang berada di pinggir tebing sungai Citanduy dan cukup jauh dari kawasan permukiman warga.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang