gambar longsor ilustrasi, foto Istimewa

gambar longsor ilustrasi, foto Istimewa

Gapura Garut ,- Hujan yang mulai mengguyur secara merata di kabupaten Garut, Jawa Barat dalam satu pekan terakhir ini mengakibatkan sejumlah kawasan  diwilayah selatan Garut mengalami bencana longsor.
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Garut mencatat setidaknya ada beberapa titik yang mengalami bencana tanah longsor, salah satunya terjadi dikampung  Pokok,  Desa Milyajaya,  Kecamatan Banjarwangi, Garut Selatan.
“Saya dengan beberapa rekan dari BPBD memang dalam beberapa hari terakhir ini berada dikawasan Garut selatan untuk memantai kondisi beberapa wilayah karena hujan deras yang terus menerus”, Kata Imat Ruhimat salah seorang Petugas BPBD Garut saat dikonformasi, Selasa (10/11/2015).
Menurutnya,  meski tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, namun akibat guyuran hujan dalam satu pekan terakhir ini telah menimbulkan kerugian material karena longsor telah menimpa sebagian pemukiman warga.
“diantaranya ada empat rumah rusak berat, empat  rumah lainnya mengalami rusak ringan dan sedikitnya ada tiga puluh unit rumah warga serta  fasilitas umum lainnya yang dalam konsisi terancam jika terjadi longsor susulan”, Ungkapnya.
Imat menegaskan, pihaknya bekerjasama dengan berbagai komponen masyarakat setempat telah  melakukan upaya evakuasi terhadap warga korban longsor tersebut, termasuk merelokasi sebagian warga yang rumahnya kini terancam jika longsor susulan terjadi.
“Sebagian korban longsor telah kami evakuasi dan kami juga untuk sementara merelokasi sebagian warga yang kondisi rumahya kini terancam”, Tuturnya.
Imat juga mengingatkan lokasi terjadinya longsor dikawasan Banjarwangi tersebut,memiliki tingkat kelabilan tanah sangat rentan terjadinya pergerakan tanah.
“Kontur tanahnya sangat labil dan rentan jika terus terusan diguyur hujan lebat, makanya warga kami himbau untuk  tetap waspada dan hati-hati selalu”, Pugkasnya.***Irwan Rudiawan.

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com