gambar longsor ilustrasi, foto Istimewa

gambar longsor ilustrasi, foto Istimewa

Gapura Garut ,- Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menyebutkan sejumlah pencana alam telah terjadi dibeberapa titik wilayah Kabupaten Garut pada awal musim penghujan ini. Dalam catatan BPBD Garut dalam dua hari teakhir ini Selas-Rabu (8-9/12/2015) telah terjadi bencana longsong di Kampung Masigit rt 04/ rw 03, Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi Garut selatan.

“Longsor terjadi pada pukul 15.30 WIB yang menyeret sebuah rumah panggung milik warga dan mengancam tiga bauh bangunan rumah lainnya, akibat peritiwa ini kami telah mengungsikan empat Kepala Keluarga untuk menghindari ancaman longsor susulan”, Kata Tb Agus, Kasie Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Garut, Kamis (10/12/2015)

Menurut Agus, longsor juga terjadi di Kampung Genteng rt 01/rw 06 serta di kampung dangdeur rt 03, rw 04, Desa Talaga sari, Kecamatan Banjarwangi.

“dilokasi ini dua buah rumah warga terseret dan mengancam delapan bangunan rumah alinnya serta satu buah bangunan mesjid”, Ucapnya.

Sementara itu, lanjut Agus longsor juga terjadi menutupi sejumlah ruas jalan sehingga mengakibatkan arus lalu lintas warga terhambat. Sepeti longsor tebing diatas jalan raya Garut Pameungpeuk tepatnya Kampung Neglasari serta satu titik longsor juga terjadi menutupi ruas jalan raya Cikajang di Kampung Simpang Desa Cipangramatan Kecamatan Cikajang dimana separuh badan jalan tertutup material longsoran tanah.

“Masih didekat lokasi yang sama longsor juga menimpa dinding rumah warga atasnama Uci, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan kami telah menurunkan petugas disejumlah lokasi longsor tersebut”, Tandasnya.

Terkait banyaknya titik longsor yang terjadi pada awal musim penghujan ini, Agus menghimbau warga masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana apapun.***jmb   

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com