gambar-gebernur-aher-300x200 PERISTIWA  Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro Cirompang Garut Resmi Beroprasi

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gapura Garut ,- Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) sebesar 8 Megawatt yang berada di Desa Cirompang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut kini sudah mulai beroprasi dan dapat menerangi sekitar 5000 hingga 7000 rumah tangga  di Jawa Barat.

Beroprasinya PLTM  tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan didampingi seluruh pejabat terkait lainnya.

“Ini salah satu anugrah alam yang yang kita miliki yang dapat dimanfaatkan dengan sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian membuahkan hasil, serta bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat,” Kata Aher disela-sela kegiatan peresman PLTM, Senin (28/12/2015).

Menurut Aher, Proyek PLTM Cirompang tersebut merupakan proyek perdana Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat dan akan menjadi pioneer bagi BUMD lainnya di Indonesia.

“Cara kerjanya degan memanfaatkan aliran Sungai Cirompang yang dialirkan lewat pipa serta menggerakan empat turbin. PLTM ini dikelola PT. Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) BUMD milik pemprop Jabar yang  kemudian Tenaga listriknya akan disalurkan  ke PT PLN”, Ungkapnya.

Aher menambahkan, tenaga listrik yang dihasilkan PLTM ini bisa memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga di Jawa Barat sebesar 92 persen.

“Target paling penting bagi BUMD sebagai pengelola, yakni meningkatkan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov Jabar”, Ucapnya.

Menurut Aher, dengan beroprasinya PLTM di Garut ini, dapat mendukung program nasional yang dicanangkan pemerintah pusat yaitu penambahan listrik 35.000 megawatt.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang