Nelayan-ombak-tinggi-mustangcorps-300x151 PERISTIWA  Hasil Tangkapan Menurun, Nalayan Pantai Selatan Keluhkan Cuaca Buruk

Gambar nelayan mengarungi ombak tinggi, Foto Istmewa

Gapura Pangandaran ,- Tingginya gelombang air laut serta cuaca buruk yang terjadi beberapa terakhir ini membuat sejumlah nelayan tradisional di Pantai Timur Pangandaran mengeluhkan minimnya hasil tangkapan ikan mereka.

Para nelayan yang biasa menggunakan jaring dalam menangkap ikan dari pinggir pantai tersebut mengakui tangkapannya terus menurun semenjak cuaca buruk yang terus terjadi dalam dua pekan terakhir ini.

Menurut Narno, salah seorang nelayan penangkap ikan yang biasa menggunakan jaring mengaku saat ini hasil tangkapan ikan di Pantai Timur terus menurun hingga membuat para nelayan seringkali gigit jari.

“Tangkapan saat ini tidak bisa diandalkan, hasilnya selalu minim kadang sering nihil,”Kata Narno kepada wartawan, Kamis (14/7/2016).

Keluhan yangs sama juga disampaikan sejumlah nelayan dipesisir pantai selatan Kabupaten Garut. Nelayan di Pantai Santolo Cikelet Garut juga mengeluhkan hal yang sama.

Menurut Imat salah seorang nelayan di Santolo menyebutkan semenjak gelombang tinggi hasil tangkapan ikan yang mereka dapatkan selalu jauh dibawah target yang biasa didapatkan sebelumnya.

“Kadang harus nombok terus untuk biaaya oprasional setiiap berangkat menangkap ikan, semenja geombang tiggi ikan menjadi sulit”, Ungkapnya.

Diakui Imat dirinya bersama para nelayan setempat seringkali tidak melaut karena khawatir dengan cuaca buruk yang sering terjadi dilaut saat ini.

“Kami juga sering tidak melaut akibat gelombang tinggi karena khawatir perahu kami tersapu gelombang juga”, ucapnya.

Para nelayan kini lebih memilih untuk menunggu cuaca kembali normal sehingga tangkapan ikan mereka kembali membaik.***TG

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang