kekeringan_garut-300x216 PERISTIWA  Sejumlah Lokasi di Cikelet Garut Masih Rawan Air Bersih

Gapura Garut ,- Sejumlah lokasi yang berada diwilayah desa Sukamukti,  Kecamatan Cisompet, Kabupaten  Garut kini masih rawan ketersediaan air bersih untuk dikonsumsi warga setempat.

Menurut Kepala Desa setempat Mamat Rahmat sejumlah RW dilingkungannya hingga kini masih banyak yang tidak memiliki sumber mata air sperti air sumur dan sejenisnya.

“Meskipun ada beberapa diantaranya memiliki sumur sebagai sumber air bersih, namun sangat minim ketersediaan  airnya  sehingga warga kami seringkali  kesulitan  air bersih”, Kata Mamat kepada wartawan, Ahad (7/8/2016).

Mamat mencontohkan kesulitan air bersih seringkali dikeluhkan warga di Kampung Mekarsari dimana satu sumber mata air yang debit airnya juga sangat  kecil tetapi harus berbagi dengan ratusan kepala keluarga dengan menggunakan pipa yang disambungkan kerumah masing-masing Kepala Keluarga.

“Ini kadang menjadi masalah karena warga harus rebutan air jika sedang sedikit debit airnya”, Ungkapnya.

Sejauh ini lanjut Mamat, untuk memenuhi kebutuhan air di desa Sukamukti warga memanfaatkan potensi air sungai atau membuat sumur-sumur yang baru.

“Warga kami berharap pemerintah Kabupaten melalui dinas terkait untuk segera  memberikan bantuan air bersih atau bantuan untuk mencarikan sumber mata air diwilayah kami”, Tuturnya.

Mamat menyebutkan pihaknya mengkhawatirkan jika tiba musim kemarau pada bulan-bulan mendatang akan brakibat pada kekeringan dan krisis air bersih.***Irwan Rudiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang