IMG20160810143305-300x225 PERISTIWA  Disparbud Kabupaten Garut Menemukan Batu Purbakala

Pegawai Disparbud Kabupaten Garut saat menunjukan lokasi Batu purbakala di Kampung. Ciakar, Desa Cangkuang Leles, foto jmb

Gapura Garut ,- Kawasan sekitar wilayah Candi Cangkuang tepatnya di sekitar Situ Cangkuang Desa Cangkuang Kecamatan Leles disinyalir masih banyak menyimpan batu-batu purbakala atau batu Menhir yang ada kaitannya dengan sisa-sisa perjalanan peradaban terkait keberadaan Candi Cangkuang Leles.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut kembali menemukan batu purbakala atau menhir  yang berada dilahan warga dengan lokasi tidak jauh dari kawasan Candi Cagkuang dilingkungan Situ Cangkuang Leles.

“Kita menemukan batu purbakala disekitar Kampung Ciakar, Desa Cangkuang dengan jarak sekitar 250 meter dari kawasan situ Cangkuang ini”, Kata Budi Gangan Kepala Disparbud Kabupaten Garut, Rabu (10/8/2016).

Menurut Budi, penemuan batu purbakala tersebut atas laporan warga sekitar yang mendapatkan dua buah batu berukuran sedang yang tertanam ditanah dan tertutup oleh semak belukar.

“Temuan itu telah kami laporkan kebalai purbakala untuk diteliti lebih lajut dan nantinya bisa dijadikan pelengkap khasanah peninggalan budaya di Candi Cangkuang juga”, Ungkapnya.

Budi menambahkan pihaknya menduga keberadaan batu-batu purbakala tersebut masih banyak tersebar disekitar wilayah Situ Cangkuang, karena berdasarkan cerita turun temurun pada dahulu kala kawasan sekitar Cangkuang tersebut merupakan lokasi yang banyak dijadikan tempat pemujaan sebagaimana jejak peninggalan pendahulunya.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang