Bagian tebing yang longsor membawa ambruk dapur rumah warga, foto Hermanto

Bagian tebing yang longsor membawa ambruk dapur rumah warga, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Diduga karen akibat kontur tanah yang labil, sebuah tebing setinggi 7 meter dengan bentangan panjang sekitar 20 meter mendadak ambrol. Tebing yang berada lingkung Katapang RT 3/1 Kelurahan Karangpanimbal,  Kecamatan Purwaharja Kota Banjar, diketahui ambrol Sabtu (10/9/2016)  pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

Akibat longsornya tanah terbing yang semula turut menyangga sebuah rumah milik warga menjadikan bagunan dapur rumah yang ada diatasnya turut tergusur dan ambruk.

Mamat Rahmat (56) sang pemilik rumah menyebutkan saat kejadian longsor dirinya tengah berada dibagian depan rumah bersama istrinya.

“Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari belakang rumah. Setelah dilihat, ternyata ada longsoran dan dapur rumah saya juga ikut terbawa longsor. Soalnya posisi rumah saya berada diatas tebing ini,”Kata Mamat, Sabtu (10/9/2016).

Sementara itu, Lurah Karangpanimbal Herniati Aisyah saat meninjau lokasi kejadian mengatakan, tanah disekitar kawasan itu termasuk kawasan tanah labil.

“Memang sudah ada retak sejak beberapa bulan ke belakang, ditambah dengan hujan yang terus mengguyur semalaman membuat kontur tanah menjadi sangat labil sehingga terjadi longsor,”Ungkapnya.

Herbiati  menghimbau agar warga yang rumahnya berada diatas tebing tersebut, agar selalu waspada dan hati-hati, kemudian  jika hujan terus mengguyur menurutnya untuk sementara disarankan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Jika hujan terus mengguyur, saya himbau untuk sementara lebih baik mengungsi dulu, karena saya khawatir terjadi longsor kembali,”imbuhnya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah serta warga mengalami kekhawatran akan terjadinya lungsor susulan.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com