longsor-300x225 PERISTIWA  Tebing Longsor Hantam Sejumlah Rumah Warga

Warga saat bergotong royong membersihkan material longsoran tanah, foto Dedi

Gapura Ciamis ,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis,  Jawa Barat menyebabkan sebuah tebing tanah setinggi lima meter longsor dan menimbun sedikitnya lima rumah warga serta sejumlah kolam ikan milik warga.

Longsor tebing tersebut terjadi di dusun Nasol, Desa Nasol,  Kecamatan Cikoneng,  Kabupaten Ciamis. Ambrolnya tebing tersebut berawal dari luapan air dari saluran irigasi diwilayah setempat.

“Tebing itu menjadi  labil dan akhirnya ambrol menimbun lima rumah,” Kata Syahrul, salah seorang warga, saat ditemui dilokasi kejadian, Satu (17/9/2016).

Menurut syahrul, sebelumnya hujan deras terus mengguyur wilayah Ciamis hampir semalaman.  tiba tiba terdengar suara bergemuruh dari arah tebing.

“Warga sempat berhamburan keluar rumah karena kaget mendengar suara gemuruh. Warga juga panik berusaha menyelematkan diri,”Ungkapnya.

Sementara itu menurut Abdul Latif petugas dari Tagana Kabupaten Ciamis, mengatakan selain menimpa rumah warga,  longsor tebing tersebut juga menimbun sejumlah  kolam ikan milik warga.

“Kalau korban jiwa tidak ada, namun kerugian materil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah karena rumah warga rusak kemudian kolam ikan juga tertimbun longsoran tanah,”Sebutnya.

Abdul Latip menambahkan pihaknya bersama warga setempat bergotong royong menyingkirkan bongkahan dari longsoran tanah yang menimbun rumah warga.

“Kita fokus melakukan pembersihan terhadap rumah warga yang tertimbun longsoran tanah,”Tandasnya.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang