Puing puing disalah satu lokasi banjir bandang Garut, foto dok

Puing puing disalah satu lokasi banjir bandang Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Korban banjir Kabupaten Garut mendapatkan bantuan dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang bergabung menggelan bantuan yang dikordnasikan oleh tiga BUMN, yakni PT Telkom, PT Pertamina, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

General Manager PT Telkom Tasikmalaya Harry Avriadi menyebutkan, kegiatan penggalangan bantuan untuk korban banjir bandang Garut dilakukan dengan  mendirikan Posko BUMN Tanggap Bencana Garut di Kantor PT Telkom, Jalan Pramuka Garut. Seperti PT Telkom, dua BUMN lain yaitu PT Pertamina dan BRI juga mendirikan posko serupa.

“Tidak dibatasi mau ke posko mana saja bila ada BUMN yang ingin memberikan bantuan. Adanya bencana ini, ibu menteri menyinergikan seluruh BUMN untuk dapat berpartisipasi,” kata Harry, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, sinergi BUMN sebelumnya telah menjadi program Kementrian BUMN, yaitu BUMN Hadir untuk Negeri.

“Program sinergi BUMN ini bukan kali pertama, sebelumnya BUMN telah hadir di Kabupaten Garut pada saat turut upaya pemerintah untuk menyetabilkan harga pangan saat Ramadan 2016,” ungkapnya.

Peristiwa banjir bandang yang terjadi pada Selasa 20 September 2016 lalu, ungkap Harry, juga menimpa tiga orang keluarga besar PT Telkom.

“Banjir itu membuat hanyut rumah seorang janda pensiunan PT Telkom, merusak rumah petugas keamanan PT Telkom, dan merendam rumah pegawai PT Telkom lainnya,”Tuturnya.

Selain untuk warga Garut yang menjadi korban, lanjut Harry  PT Telkom juga akan memberikan bantuan secara bertahap kepada para pegawai dan mantan pegawai, berupa bahan pangan, uang sewa tempat tinggal sementara, hingga pendirian rumah.

“Sedangkan bantuan yang diserahkan sejumlah BUMN ke PT Telkom, akan kami salurkan kembali ke warga melalui Kodim 0611 Garut, selaku Posko Utama Penanggulangan Bencana Kabupaten Garut. Kami juga akan memantau pelaksanaan penyalurannya,” ucapnya.

Salah satu BUMN yang turut berpartisipasi adalah PT Pupuk Indonesia. Saat penyerahan bantuan dilakukan kepada tim Satgas Penanggulangan Bencana, Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia A Tossin Sutawikara menyerahkan bantuan senilai Rp100.450.000.

Humas PT Pupuk Indonesia Aby Radityo mengatakan, partisipasi PT Pupuk Indonesia dalam kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian program BUMN untuk Negeri.

“Ini merupakan implementasi dari program BUMN untuk Negeri. Oleh karena itu, sebagai BUMN, PT Pupuk Indonesia beserta anak usahanya PT Pupuk Kujang  harus dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya saat terjadi bencana,” ujar Aby.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com