Wakil-Bupati-Garut-300x168 PERISTIWA  Wabup Garut Ingatkan Ancaman Wabah Penyakit Pasca Banjir

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, foto dokumen

Gapura Garut ,- Pasac banjir bandang yang memporak porandakan sejumlah pemukiman disekitar bantaran sungai Cimanuk, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, mengingatkan agar para petugas di setiap posko pengungsian mewaspadai ancaman penyakit.

Helmi menyebutkan ancaman penyakit yang menyerang warga korban banjir mulai nampak dirasakan dan dikeluhkan warga korban banjir. Hal tersebut ia kemukakan setelah adanya pengungsi yang mulai terserang penyakit pencernaan dan kulit.

“Sekarang ini hari-hari tumbuhnya penyakit, pasca banjir inilah yang bahaya,” Helmi Budiman, Sabtu (24/9/2016).

Menurutnya , salah satu sumber tumbuhnya penyakit ini dari bau bangkai binatang yang mati terbawa banjir bandang. Selain itu juga sanitasi lingkungan yang kurang memadai  di tempat pengungsian.

“Untuk mencegah timbulnya wabah penyakit, pemerintah mendirikan 24 posko kesehatan yang disebar di sejumlah lokasi bencana, yang diisi tenaga medis dari para relawan seperti dari fakultas Kedokteran Unpad, Ikatan Dokter Indonesia dan Persatuan Perawat,” Ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Garut, kata Helmi, menggratiskan seluruh layanan kesehatan dan obat untuk warga korban banjir bandang. Kebijakan ini berlaku tidak hanya di rumah sakit, melainkan klinik dan puskesmas terdekat dengan jangkauan para korban banjir.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang