PERISTIWA

BNPB Sarankan Masa Tanggap Darurat Bencana Garut Diperpanjang

puing puing reruntuhan sisa banjir bandang Garut, foto dok
puing puing reruntuhan sisa banjir bandang Garut, foto dok
Gapura Garut ,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyarankan Pemerintah Kabupaten Garut untuk memperpanjang masa tanggap darurat terkait bencana banjir bandang selama 14 hari ke depan.
Kepala BNPB, Willem Rampangilei, menyebutkan perpanjangan masa tanggap darurat tersebut masih  diperlukan karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan termasuk pencarian para korban hilang yang belum berhasil ditemukan keberadaannya.
Dari aspek pendataan jumlah kerugian menurut Willem pihaknya memandang masih belum selesai. Namun demikian, keputusan untuk perpanjangan atau tidaknya tanggap darurat sepenuhnya merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten Garut.
“Mengenai keputusan diperpanjang atau tidak, dan berapa lama masa perpanjangnya, itu Pemda yang berhak memutuskan, ”Kata Willem kepada wartawan di Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir, Makodim 0611 Garut, Senin, (26/9/16).

Willem menambahkan saran perpanjangan masa tanggap darurat tersebut juga terkait  akses bantuan dari pemerintah pusat yang dapat digunakan untuk penanganan masa tanggap darurat tersebut.

“Jika masa tanggap darurat dihentikan, BNPB tidak lagi bisa berperan dan memberikan bantuan apapun. Tidak lagi bisa mengakses dana siap pakai yang dikelola oleh BNPB untuk membantu memnuhi kebutuhan pasca bencana ini,” Ucapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Garut melalui  Wakil Bupati Helmi Budiman menyatakan akan memperpanjang masa tanggap darurat tersebut. Meski belum resmi diumumkan, karena kepaatian perpanjangan tersebut merupakan kewenangan Bupati.

Helmi memberikan sinyal kemungkinan masa tanggap darurat akan diperpanjang selama 14 hari terhitung mulai Rabu besok, (28/9/16).

“Saya sepakat dengan pertimbangan BNPB, karena masih banyak pekerjaan yang belum selesai, maka masa tanggap darurat kita perpanjang. Besok Pak Bupati yang akan mengumumkan. Ada kecenderungan kita akan perpanjang 14 hari,”Tegas Helmi.***TGM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *